Rusia Memilih Snow Leopard Sebagai Pemenangnya

0
46

.Seekor macan tutul jago snow-boarding baru saja membawa pulang sebuah medali emas setelah memenangkan suara dalam pemilihan maskot resmi Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia. Keberhasilannya dalam mengalahkan dua pesaing utamanya (beruang kutub dan kelinci salju) diumumkan langsung di televisi Rusia dan telah mendatangkan sebuah suka cita tersendiri di seluruh daratan Rusia. Meskipun kalah suara, namun rencananya sosok beruang kutub bersyal dan kelinci kartun tersebut akan tetap ditampilkan dalam berbagai jenis souvenir wisata.

Misi pencarian sang maskot ini ternyata melalui sebuah perjalanan yang lumayan panjang. Dari sekitar 24.000 ide yang diterima oleh panitian penyelenggara Olimpiade Musim Dingin 2014, hanya 10 kandidat yang dipilih untuk maju ke babak berikutnya yang melibatkan pulsa para pemirsa TV Rusia, baik melalui pulsa sms maupun pulsa telpon, dalam menentukan maskot favorit mereka.

Banyak yang berpendapat bahwa keberhasilan sang macan tutul dalam memenangkan bursa pemilihan maskot Olimpiade Musim Dingin 2014 sedikit banyak dipengaruhi oleh komentar Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, yang sempat berkata bahwa macan tutul salju adalah pilihannya. Seorang analis politik terkemuka Rusia, Dmitry Oreshkin, mengatakan bahwa setelah Vladimir Putin menunjukkan simpatinya untuk macan tutul, mendadak suara pilihan untuk si macan mengalami kenaikan tajam.

Terlepas dari kemenangan si macan tutul, pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin 2014 adalah sebuah berkah bagi kota Sochi dan seluruh daratan Rusia. Dengan jumlah penduduk sekitar 400.000 orang, Kota Sochi yang cukup populer sebagai kota resor di kawasan Laut Hitam akan mendapatkan publisitas gratis ke seluruh dunia, dan diharapkan dapat meningkatkan magnet wisata daratan Rusia. Selain itu pesta olahraga ini adalah hajatan terbesar bagi Rusia, mengingat terakhir kali mereka menjadi tuan rumah pesta oleh raga sekitar 31 tahun yang lalu, yaitu pada saat Uni Soviet menjadi tuan rumah Summer Games 1980 di Moskow.

Saatnya bagi Rusia untuk mempercantik diri dan memamerkan pesonanya, sambil mengubur wajah dingin dan sejarah kekejamannya.

(Berbagai sumber)

SHARE