Carlos Santana, Dewa Gitar Bermain Untuk Jakarta

0
85

.Bagi anda yang datang ke Java Jazz Festival pada tanggal 4,5,6 Maret nanti, pastikan anda menyimak salah satu special show yang akan disuguhkan. Anda akan menjadi salah satu saksi sejarah dimana untuk pertamakalinya Santana akan bermain di Indonesia. Selama dua hari, Jumat dan Sabtu, Santana akan menyuguhkan musik rock berbau irama latin yang selama ini hanya bisa anda dengarkan melalui music player anda. Siap untuk Santana?

Jangan sampai salah membedakan antara Santana dan Carlos Santana. Santana adalah band rock yang terbentuk pada akhir 1960an yang berpusat pada sang gitaris, Carlos Santana. Sampai saat ini, Santana sudah memproduksi total 18 buah studio album. Album terakhir yang mereka rilis adalah album Guitar Heaven pada tahun 2010. Sementara album Santana yang mungkin paling anda ingat adalah ketika di tahun 1999 Santana merilis album Supernatural.

Supernatural merupakan album kelimabelas milik Santana. Album ini meraih prestasi penjualan sebanyak 15 kali platinum di Amerika Serikat dan memenangkan sembilan Grammy Awards termasuk Album of the Year serta meraih tiga Latin Grammy Awards, termasuk Record of the Year. Album ini juga sempat menjadi raja di tangga lagu Billboard 200 selama 12 minggu berturut-turut. Album ini sukses dengan single pertama Smooth dengan kolaborasi bersama Rob Thomas, vokalis Matchbox Twenty. Sementara single kedua datang dari lagu Maria Maria yang bekerja sama dengan The Product G&B.

Kesuksesan Santana tentu saja berkat bakat jenius dari sang mastermind, Carlos Santana. Gitaris yang mempunyai nama lengkap Carlos Augusto Alves Santana ini merupakan gitaris Amerika keturunan Meksiko. Majalah Rolling Stone mencatat nama Carlos Santana di nomor ke 15 dalam 100 Greatest Guitarists of All Time pada tahun 2003. Carlos juga telah memenangkan 10 Grammy Awards dan 3 Latin Grammy Awards.

Carlos Santana lahir di Autl’n de Navarro, Jalisco, Meksiko. Ayahnya adalah seorang pemain biola mariachi dan Carlos belajar bermain biola pada usia lima tahun dan gitar pada usia delapan. Adiknya, Jorge Santana, juga menjadi gitaris profesional. Permainan gitar Carlos pada saat muda sangat dipengaruhi oleh Ritchie Valens dan kental akan irama latin rock. Javier Batiz, seorang gitaris terkenal dari Tijuana, konon merupakan guru gitar dari Carlos. Batiz merupakan orang yang mengajarinya teknik bermain solo gitar yang berbeda dari gitaris lainnya.

Ciri khas musik Santana tentu saja lahir dari petikan gitar yang dihasilkan oleh Carlos. Suara yang keluar dari gitar Carlos dihasilkan dari gitar-gitar berlabel juara. Carlos memainkan Gibson SG merah Khusus dengan P-90 pickup di festival Woodstock. Dari tahun 1976 sampai tahun 1982, gitar utamanya adalah Yamaha SG 175B dan kadang-kadang Gibson SG putih Custom dengan 3 pick-up coil yang terbuka. Pada tahun 1982 ia mulai menggunakan gitar PRS custom made, yang menjadi instrumen utama di sekitar 1988. Santana saat ini menggunakan gitar Santana model II menggunakan pickup PRS Santana III dengan cover terbuat dari nikel. Gitar-gitar tadi merupakan alat yang selama ini membantu Carlos menciptakan lagu sekaligus menghasilkan nada-nada yang terkenal hingga saat ini.

Carlos Santana yang kelahiran Meksiko, menjadi warga negara Amerika Serikat dengan melakukan naturalisasi pada tahun 1965. Pada tanggal 19 Oktober 2007, istri pertamanya, Debora, mengajukan gugatan cerai dengan alasan “perbedaan yang tak terdamaikan”. Setelah bertunangan dengan Cindy Blackman, Carlos melamar Cindy pada sebuah konser di Chicago pada tanggal 9 Juli 2010. Keduanya menikah pada Desember 2010.

Dengan semua kehebatan yang dimiliki oleh dewa gitar ini, jangan sampai anda melewatkan aksi dari Santana. Pastikan anda menjadi bagian dari sejarah musik Indonesia dengan hadir ke Java Jazz Festival 2011 dan menyaksikan Santana yang akan tampil selama dua hari, Jumat dan Sabtu tanggal 4 dan 5 Maret 2011. Be There!

(berbagai sumber)

SHARE