Mata: Tak Selalu Vitamin A

0
35

.Sejak kecil hingga sekarang, jika ada yang bertanya vitamin apa yang baik untuk mata? Pasti hampir semua dari kita menjawab vitamin A. Itu tidak salah.

Tapi ternyata, selain wortel, masih banyak nutrisi dan vitamin lain yang sama pentingnya dalam menjaga kesehatan mata kita. Berikut teman-teman wortel lain yang harus dimasukkan ke dalam menu harian kita.

Saat membahas kesehatan mata, vitamin A dan beta karoten merupakan dua hal yang sangat kita butuhkan. Tidak hanya itu, kedua nutrisi ini bisa mencegah terjadinya rabun senja dan meningkatkan daya pengelihatan kita, terutama saat malam hari.

Selain itu, vitamin A dan beta karoten juga dibutuhkan oleh retina untuk menyesuaikan perubahan cahaya yang masuk. Vitamin A dan beta karoten bisa Anda temukan dalam wortel, kiwi, minyak hati ikan, ubi, hati, kuning telur, bayam, labu, dan sayuran berwarna lainnya.

Sedangkan untuk melindungi mata dan sel dari serangan radikal bebas konsumsilah vitamin C. Vitamin ini juga dapat membantu menurunkan tekanan di dalam mata bagi para penderita glukoma.

Sementara vitamin E, berfungsi melindungi organ pengelihatan kita dari penyakit mata seperti, katarak dan degenerasi makula. Dua kondisi tersebut merupakan penyakit mata yang berkaitan dengan kerusakan makula hingga pusat retina, sehingga bisa memicu terjadinya kebutaan. Vitamin E dapat Anda temukan dalam kacang almon, minyak sayur, gandum, sayuran hijau, dan lemak susu.

Nah, mulai sekarang, Anda bisa memadukan vitamin A dengan vitamin lainnya yang dapat menjaga mata dari kerusakan.

(berbagai sumber)

SHARE