Yuk Bahagiakan Kaki

0
25

.Setiap hari kita berjalan. Tapi jarang sekali memikirkan bagaimana caranya memberikan relaksasi ringan pada kedua kaki kita. Bahkan saking terlupakannya, banyak orang percaya bahwa kita tak perlu membuat nyaman kedua “pondasi” kita ini. Karena tidak ada pengaruhnya bagi kesehatan. Apa betul demikian?

Mari kita telisik bersama. Ternyata dari keseluruhan tulang yang kita punya, 25 persennya ada di kaki kita. Tidak hanya itu, kaki kita juga memiliki 33 sendi, 107 ligamen, dan 19 otot.

Dan ketika tulang kita tidak bertumpu pada ligamen akan menyebabkan keseleo, maka kita akan kesulitan untuk bergerak atau bahkan berjalan. Itu mengapa kesehatan kaki menjadi salah satu faktor kesehatan tubuh. Beberapa penyakit juga menunjukkan gejala awalnya dari rasa sakit atau nyeri pada kedua kaki kita.

Menurut British Columbia Association of Podiatrists, organ yang terlihat namun sering terlupakan ini paling sering cidera dibanding bagian tubuh yang lain. Ini mengapa, kedua kaki kita perlu waktu khusus untuk dimanja dengan cara:

Perhatikan setiap inci dari kaki kita. Apakah ada perubahan warna atau pengelupasan kulit. Jika ada, ini adalah cara kaki berbicara bahwa jamur mulai menggrogotinya. Tapi jika perubahan warna itu disertai dengan rasa gatal dan panas yang berlebihan, ada baiknya Anda mengunjungi dokter untuk menemukan formulasi tepat untuk menghilangkan jamur kulit.

Pilih sepatu yang nyaman untuk kaki. Nyaman berarti adalah kedua kaki kita tidak merasa terjepit ketika masuk ke dalam sepatu. Atau berapa jauh pun kaki melangkah, alas sepatu tetap nyaman membawa kedua kaki kita. Terlebih jika kaki kita butuh sepatu khusus untuk membuatnya nyaman, jangan sekali-kali berpikir untuk membeli yang dijual bebas. Karena sepatu yang dibuat dengan kebutuhan khusus akan membuat kaki melangkah dengan bebas.

Matching-kan sepatu dengan aktivitas yang akan dijalani. Ini adalah cara cerdas untuk menyelamatkan kaki dari cedera. Jadi jangan coba memakai sepatu untuk satu aktivitas. Ini juga berlaku jika kita termasuk orang yang suka mencoba berbagai jenis olahraga. Sepatu tenis dengan sepatu lari misalnya, memiliki bentuk yang berbeda. Jika kita terlalu memaksakan diri, cedera kaki adalah akhirannya.

Berjalanlah agar aliran darah di kaki lancar. Jangan betah duduk berlama-lama. Cobalah untuk berdiri dan berjalan dalam beberapa langkah agar aliran darah di kedua kaki lancar. Ini akan menyelamatkan kita dari rasa pegal atau kesemutan.

Cara lain untuk memanjakan kaki dengan murah adalah dengan meletakkan bola tenis di bawah kaki. Lalu ulirkan bola tenis, dari ujung jari sampai ujung tumit selama beberapa menit. Saat kita melakukannya maka sebenarnya kita sudah memberikan kaki kita pijatan hangat.

(berbagai sumber)

SHARE