Hey, Olahraga Anda Berlebihan!

0
28

.Segala sesuatu memang harus dilakukan sesuai porsinya, tidak terkecuali pada olahraga. Jika kita melakukan olahraga secara berlebihan akan membawa efek yang membahayakan.

Pemilik Result Fitness di Santa Clarita, Rachel Cosgrove memberikan porsi olahraga yang tidak membebani tubuh kita.

– Repetisi gerakan yang ideal. Repetisi adalah suatu pengulangan dari sebuah gerakan memanjangnya otot sampai ke memendeknya otot. Repetisi gerakan adalah kunci dari mengoptimalkan manfaat berolahraga. Maka sesuaikan jumlah repetisi dengan kemampuan otot maksimal 10-15 repetisi per gerakan fisik.

– Latih satu bagian tubuh saja. Tujuan berolahraga adalah membuat tubuh bugar, bukan membentuk otot. Kombinasikan gerakan untuk melatih seluruh otot, mulai dari tubuh bagian atas sampai bawah, sehingga bentuk tubuh menjadi ideal.

– Kardio lebih dari 3 kali seminggu. Latihan kardio yang berlebihan dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan membuat siklus haid terganggu. Apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, lakukan latihan kardio selama 30 menit per sesi dengan frekuensi 3 kali seminggu. Lengkapi juga dengan pola konsumsi yang seimbang.

Olahraga berlebihan juga berisiko lebih besar untuk memiliki pola makan yang tidak sehat dan juga berpeluang lebih tidak bahagia.

(berbagai sumber)

SHARE