Jangan Takut Ngemil Popcorn

0
48

.Tak ada yang meragukan bahwa sayuran seperti brokoli atau seledri mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Namun, bagaimana sebenarnya kandungan makanan yang seringkali dituduh berefek buruk bagi tubuh seperti popcorn? Apalagi popcorn sudah seperti makanan wajib saat menonton bioskop.

Tentu saja selalu ada dua sisi dalam tiap hal. Popcorn pun punya sisi baik bagi kesehatan. Sebuah studi terbaru mengungkap, camilan jagung yang sering dikonsumsi saat menonton kemungkinan bisa mencegah kanker dan membantu program diet.

“Sebagian orang tidak tahu kalau popcorn adalah gandum utuh yang bisa mengurangi risiko dari penyakit jantung dan kanker. Dengan konsumsi sebanyak 30 gram atau kemasan kotak kecil di bioskop, sama dengan satu porsi harian beras merah atau pasta,” ujar Catherine Colliens, salah seorang ahli gizi dari Rumah Sakit St George’s di London.

Popcorn juga mengandung serat tiga kali lebih banyak dibandingkan biji bunga matahari, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu, popcorn juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah, dan terhindar dari perubahan suasana hati atau mood buruk, serta makanan manis.

Popcorn juga dapat menekan kolesterol jahat yang dikenal dengan LDL. Bahkan, camilan itu mengandung vitamin B yang dapat mendorong tingkat energi. Inilah beberapa alasan mengapa popcorn merupakan camilan sehat:

1.Satu porsi popcorn mengandung 3 gram serat, dan mencukupi satu dari tiga porsi biji-bijian setiap harinya. Dan memakan banyak serat bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

2.Satu porsi itu, hanya mengandung 105 kalori, tapi Anda dilarang menambah mentega.

3.Dari tiap gramnya, popcorn mengandung 3 kali lebih banyak polifenol dibandingkan kacang merah, sayuran dengan kandungan polifenol tertinggi, dan 4 kali lebih tinggi dibandingkan buah beri, buah dengan kandungan polifenol tertinggi. Polifenol adalah antioksidan yang menyehatkan jantung serta mengurangi risiko kanker.

Yang perlu diingat, manfaat tersebut bisa berubah menjadi berbahaya jika ditambahkan garam atau gula berlebihan di rumah. Selain itu, konsumsinya jangan berlebihan.

Jadi jangan takut lagi, memilih popcorn sebagai camilan saat Anda menonton bioskop.

(berbagai sumber)

SHARE