Migrain Diet: Makanan Agar Kepala Tetap Ringan

0
30

.Wanita tiga kali lebih banyak terserang migrain dibandingkan dengan pria. Sakit kepala sebelah yang menyakitkan ini terkadang diawali gejala mual dan muntah, gangguan penglihatan, sampai sensitivitas terdapat cahaya, suara, serta bau. Bahkan penderita bisa terbaring di tempat tidur selama tiga hari karena ini.

Pemicu migrain dipercaya berasal dari perubahan cuaca, sampai tingkat cahaya pada lampu. Tetapi banyak yang menduga bahwa makanan yang dimakan termasuk penyebab timbulnya migrain.

Sakit kepala migrain dapat juga merupakan tanda dari alergi atau sensitivitas ke beberapa makanan yang dimakan. Daftar makanan yang dapat memungkinkan memicu hal ini sangat banyak. KArena itu disarankan untuk memakan makanan yang sehat bergizi dan segar. Hindari makanan yang banyak mengandung zat kimia dan berasal dari dalam kemasan.

Hati-hati dengan caffeine
Caffeine menyebabkan saluran darah membesar dan berkontraksi, sehingga dapat memicu sakit kepala. Tetap dengan pilihan yang sehat dengan minum air putih, jus segar, dan teh herbal yang hangat.

Tetap terhidrasi
Tubuh akan segera memperingatkan waktu untuk minum dengan menciptakan sakit kepala yang ringan dan lama-lama akan menyebabkan migrain. Untuk membantu hal tersebut selain minum air putih, coba makan  buah yang banyak mengandung air.

Bebas dari garam
Tekanan darah tinggi dapat memicu sakit kepala yang berujung pada migrain, karena garam atau makanan yang asin dapat menimbulkan tekanan darah tinggi.

Darah yang menempel
Darah bisa menempel atau bisa disebut plateled aggregation dari diet yang salah. Artinya darah tidak mengalir dengan baik dan dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan yang kaya akan vitamin E, seperti alpukat, wholegrains, dan hazelnuts, dan minyak ikan Omega 3, dapat membantu melancarkan aliran darah.

Serat
Kita perlu untuk mengonsumsi sekitar 40 grams serat sehari. Makan dengan porsi yang kaya akan serat seperti beras merah, kacang-kacangan, buah-buahan dan tentu saja sayur-sayuran.

Magnesium
Magnesium sangat penting untuk otot. Otot dan syaraf yang tegang dapat ikut menyumbangkan migrain. Apel, apricots, dan beras merah semuanya kaya akan zat gizi yang dapat mengurangi migraine.

L-tryptophan
Asam amino yang dapat bekerja bersama dengan magnesium untuk memastikan fungsi sistem syaraf dan dapat membantu untuk meredakan otot yang tegang yang memicu migrain. Sumber dari zat ini berasal dari beras merah, keju, dan kacang kedelai.

Mulailah melakukan diet migrain agar terhindar dari sakit kepala yang menyakitkan ini.

(berbagai sumber)

SHARE