Raja Obat dari Bawah Tanah

0
38

.Ginseng, yang dijuluki “keajaiban dunia” memiliki khasiat yang bersifat afrodisiak (membangkitkan gairah), stimulant (menambah energi), stomachic (berhubungan dengan kesehatan perut), dan meredakan sakit atau nyeri.

Secara tradisional, akar-akaran ini dikonsumsi untuk meningkatkan vitalitas, menambah kekuatan dan memulihkan seluruh tubuh. Sebagai tanaman obat, ginseng telah diolah dan digunakan sebagai penyembuh untuk berbagai macam gangguan dan penyakit, termasuk depresi, diabetes, letih, penuaan, radang, mual, tumor, gangguan peredaran darah, maag, muntaber, cemas, stress dan pereda sakit.

Selain yang sudah disebut diatas, secara spesifik pada ibu dan anak ginseng juga berkhasiat menambah nafsu makan, mengatur pola haid, mempermudah kelahiran, serta meningkatkan kesuburan.

Namun, ternyata asal ginseng juga berpengaruh terhadap khasiat yang dimilikinya. Sebagai contoh, ginseng yang tumbuh di kawasan Asia biasa dipakai sebagai minuman tonik untuk jantung dan tekanan darah rendah.

Lebih khusus lagi, ginseng Korea memiliki efek yang lebih kuat dalam meningkatkan energi ‘Yang’, sementara ginseng Amerika (Panax quinquefolium) dipercaya lebih cepat dalam meningkatkan energi ‘Yin’. Ginseng Korea dinilai lebih cocok untuk pria dan orangtua.

Sedangkan ginseng Siberia, dipercaya para ilmuwan Rusia bisa mempertajam ingatan, meningkatkan stamina serta daya tahan. Oleh karena itu ginseng Siberia dijadikan suplemen utama bagi para atlet dan pekerja setempat.

Tak heran, begitu banyaknya manfaat ginseng, sampai-sampai tanaman ini dijuluki ‘rajanya obat’. Dan konon semakin tua usianya, akan semakin kuat khasiatnya.

(berbagai sumber)

SHARE