Selektif Memilih Klub Kebugaran

0
33

.Kesadaran untuk berolahraga dan membentuk tubuh semakin meningkat belakangan ini. Trend ini dilihat dari semakin bertambahnya keanggotaan tempat kebugaran beberapa tahun terakhir.

Meskipun bisa berlatih sendiri melalui DVD fitness atau membeli peralatan fitness sendiri di rumah, bergabung dengan pusat kebugaran lebih mendatangkan manfaat bagi langkah awal Anda menjalani hidup sehat.

Klub kebugaran pun berlomba menawarkan anggotanya kesempatan untuk menemukan aktivitas paling menyenangkan. Kualitas dan keragaman peralatan yang lebih banyak dibanding berlatih di rumah, dan tawaran bermacam kelas kardio menarik untuk diikuti.

Belum lagi fasilitas personal trainer selalu ada setiap Anda butuhkan. Namun, tak semua klub kebugaran sama. Sebelum menjadi anggota di salah satu klub kebugaran, pastikan terlebih dahulu masalah kenyamanan, peralatan yang tersedia, ragam kelas yang ditawarkan, harga dan stafnya.

Lokasi juga bisa menjadi pertimbangan Anda. Ada klub kebugaran yang merupakan fasilitas dari rumah sakit, universitas, dan klub tenis.

Beberapa klub buka dari pagi hingga malam hari, sementara lainya menawarkan kenyamanan selama 24 jam penuh. Bila Anda memiliki anak, pertimbangkan klub yang menawarkan jasa penitipan anak.

Menurut American Council on exercise, rutinitas fitnes Anda harus termasuk aerobik, latihan otot dan ketahanan, serta fleksibilitas. Beberapa klub menawarkan peralatan yang lebih umum dan kelas yang memadukan semua komponen, sementara lainnya fokus pada beberapa latihan aerobik dan latihan kekuatan.

Peralatan harus bersih dan terawat dengan baik. Kelas fitness harus aman dan efektif. Mungkin Anda menginginkan klub yang menawarkan aktivitas lain seperti berenang, bola basket, dan latihan bela diri.

Harga keanggotaan klub kebugaran pun bermacam-macam pilihannya. Ada yang menambahkan biaya pendaftaran, perawatan bulanan, dan biaya pembatalan seperti juga biaya pemakaian handuk dan penitipan anak. Ambil kesempatan khusus atau diskon, tapi berhati-hatilah, jangan membeli keanggotaan seumur hidup.

Menurut American Heart Association sepertiga serangan jantung terjadi di luar rumah atau rumah sakit, termasuk saat di klub kebugaran. Pastikan staf di klub yang Anda incar memiliki sertifikat CPR dan peralatan AED.

Instruktur fitnes dan pelatih pribadi Anda harus memiliki sertifikat dari organisasi yang bereputasi baik. Anda juga harus berlatih dengan para professional yang berpengalaman mengenai keselamatan dan pendekatan efektif untuk fitness, bukan seseorang yang menghadiri pelatihan di akhir pekan saja.

Di Amerika, 80 persen dari 40 juta warga yang memiliki keanggotaan klub kebugaran, tak menggunakannya. Cari tahu rasio anggota aktif dan tak aktif di klub yang sedang Anda incar.

Bila rasio itu 2:1 berarti sudah cukup baggus, sementara 10 :1 mengindikasikan klub ini lebih pintar menjual daripada mengelola anggotanya dengan memuaskan. Bila kebanyakan anggota memilih berhenti, maka Anda pun mungkin akan melakukannya.

Jangan sampai Anda salah memilih, sehingga tidak menghasilkan kesehatan dan kebugaran bagi tubuh, melainkan hanya membuang uang saja.

(berbagai sumber)

SHARE