Tipe-tipe Vegetarian

0
41

.Selama ini mungkin Anda mengenal vegetarian hanya sebatas diet makanan yang tidak memakan daging dan hanya mengkonsumsi sayuran saja.  Namun sebetulnya ada beragam tipe vegetarian yang memiliki perbedaan dalam hal jenis makanan yang dikonsumsi.  Mau tau apa aja lihat dulu yuk:

Pescatarian
Kata pescatarian sebetulnya digunakan untuk menjelaskan mereka yang sama sekali tidak makan daging binatang kecuali ikan.  Walaupun kata tersebut jarang digunakan, banyak orang yang menjalankan diet ini dikarenakan mereka memiliki keyakinan bahwa ikan merupakan sumber protein yang sangat baik.

Flexitarian/Semi Vegetarian
Nah mungkin ini yang namanya vegetarian malu-malu atau tanggung. Bagi pemula, Anda bisa mencoba vegetarian jenis ini. Flexitarian ini biasanya mengkonsumsi makanan vegetarian namun sesekali masih makan daging.

Vegetarian (Lacto-ovo- vegetarian)
Nah, ketika orang menyebut kata vegetarian sebetulnya itu adalah lacto ovo vegetarian. Mereka tidak mengkonsumsi daging sapi, ayam, ikan, kerang atau jenis apapun juga namun masih mengkonsumsi telur dan susu. Dalam bahasa latin lacto adalah susu dan ovo adalah telur.

Vegan
Agaknya ini merupakan vegetarian sejati.  Kelompok ini tidak makan daging, telur, seluruh produk olahan susu, makanan siap saji atau bahan makanan yang berasal dari binatang seperti gelatin.

Raw vegan/Raw food diet
Raw vegan hanya mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak diatas 46 derajat celcius.  Mereka yakin jika makanan dimasak diatas temperature ini akan menghilangkan nutrisinya.

Bagi Anda yang berencana menjadi vegetarian bisa memilih salah satunya untuk belajar sebagai pemula. Selamat mencoba.

(berbagai sumber)

SHARE