Wajah India Dalam Sudut dan Kemegahan Victoria

0
41

.Dibuat dengan melihat garis desain stasiun St Pancras di London, stasiun kereta api Chatrapati Shivaji Terminus, atau yang sebelumnya dikenal sebagai Victoria Terminus, tidak diragukan lagi adalah salah satu landmark paling menawan di kota Mumbai, India.

Stasiun kereta api Chatrapati Shivaji Terminus dibaptis pada tahun 1887, bertepatan dengan pesta peringatan pengangkatan Ratu Victoria sebagai Ratu Inggris sekaligus perayaan atas gelarnya sebagai Empress of India. Pada hari itu untuk pertama kalinya sebuah mesin kereta api tenaga uap beroperasi di India, menghubungkan dengan negara tetangga Thane yang berjarak sekitar 45 km jauhnya.

Sebagai salah satu spesimen paling brilian dari gaya arsitektur Gothik Victoria di India, Chatrapati Shivaji Terminus dibuat dengan penampakan yang luar biasa indah. Kubah batu spektakuler, menara, lengkungan, friezes batu berukir, jendela kaca patri dan pilar yang kekar adalah formula yang digunakan untuk menciptakan sebuah bangunan arsitektur Gothic yang terbaik. Pengerjaan bagian interior seperti ukiran kayu, ubin, besi hias dan pagar kuningannya dikerjakan dengan sangat halus dan mengagumkan hingga mampu menimbulkan kebanggaan yang mendalam.

Didesain oleh FW Stevens dan menghabiskan waktu sekitar sepuluh tahun hingga akhirnya berhasil memproyeksikan struktur klasik akhir abad 19, sejak tahun 2004 yang lalu UNESCO telah menetapkan Chatrapati Shivaji Terminus sebagai Situs Warisan Dunia. Selain berfungsi sebagai markas pusat Perkeretaapian India, stasiun Gothic ini juga menjadi rumah bagi sekitar 2,5 juta komuter India.

(Berbagai sumber)

SHARE