Java Jazz Festival 2011 Day 1

0
58

.Hari pertama dari rangkaian festival jazz terbesar di Indonesia sudah dimulai. Axis Jakarta International Java Jazz Festival 2011 yang diadakan di JiExpo Kemayoran siap memberikan menu terbaiknya untuk menghibur akhir pekan anda. Acara ini bukan hanya milik warga Jakarta, tetapi sudah menjadi kebanggaan milik dunia. Belasan stage, ratusan performers, ribuan pengunjung berkumpul dalam salah satu event akbar di Indonesia.

Hari pertama dimulai dari jam setengah lima sore dimana diadakan seremonial dari panitia JJF yang diwakili oleh Peter F Gontha dan juga perwakilan dari sponsor yang memberikan bantuan dalam program Hands For Humanity. Pengunjung JJF diajak untuk ikut beramal dan membuat cap dari tangan sebagai bukti kepedulian terhadap sesama. Setelah seremonial pembukaan JJF, Kirana Big Band langsung menyapa pengunjung yang sedang berada di depan Java Jazz Stage.

Setelah itu Ghiboo beranjak ke Hall C2 karena disana ada penampilan dari Ron King Big Band. Big Band dengan pimpinan Ron King ini memainkan lebih dari lima komposisi lagu indah yang salah satunya berjudul Inside The Outside. Ron King, yang penamiplan di JJF kali ini merupakan penampilan keenamnya, akan masuk kedalam Java Jazz Hall of Fame.

Lanjut ke Hall B1 ada Anugerah Aditya yang memainkan lagu-lagu romantisnya seperti Love Will Find You dan Tak Ingin. Disini terlihat jelas bagaimana kemampuan Aditya sebagai solois handal yang selalu prima di atas panggung. Aditya juga dibantu oleh beberapa additional player dan salah satunya merupakan drummer dari band jazz, Parkdrive.

Beberapa musisi pendukung Aditia juga menjadi musisi pendukung Glenn Fredly. Glenn yang bermain di Hall A2 seperti biasa memainkan lagu-lagu romantis yang diaransemen ulang hingga selalu mempunyai kemasan baru. Saat dipanggung, Glenn juga menyoroti tentang kondisi sosial yang sedang carut marut dan Glenn membandingkan dengan sebuah negeri Dongeng yang dipmpin oleh Ratu Susi. Panggung musik kini sudah jamak untuk dijadikan media untuk menyampaikan pesan
dari musisi kepada kondisi negeri.

Sementara itu di Hal A3 ada Dira Sugandi yang kemarin dalam penampilannya juga melakukan re-launching album debutnya. Dira yang memperkenalkan lagu-lagu hasil karyanya kepada pengunjung JJF sempat ingin memutarkan salah satu dokumentasi saat dirinya mulai diperkenalkan oleh band Jazz asal Inggris, Incognito, walaupun akhirnya malah salah putar.

The Groove yang kembali reuni tampil di Hall A1. Mereka mengobati rasa kangen pengunjung JJF dengan memainkan lagu-lagu hits mereka dan satu lagu baru yang juga akan muncul di album terbaru mereka yang direncanakan rilis bulan Mei tahun ini. Sementara Marcell yang tampil di Hall D1 tampil sensual dengan busana yang sedikit etnis dan barisan lagu yang romantis. Salah satu yang dinyanyikan Marcell adalah gubahan Guruh Soekarno Putra yang berjudul Candu Asmara.

Setelah itu, ribuan orang menyemuti Hall D2 karena Santana bermain disana. Band yang dipimpin oleh sang dewa gitar, Carlos Santana ini bermain dihari pertama dan akan bermain lagi hari Sabtu (5 Maret) untuk penampilan keduanya di Indonesia. Sementara pada saat bersamaa di Hall C2 tampil penyanyi asal Norwegia, Sondre Lerche. Ini merupakan kedatangan Sondre yang kedua di Indonesia setelah kurang lebih empat tahun yang lalu pernah mengadakan konser di Jakarta dan Bandung.

Sebagai penutup, Ghiboo memilih solois berbakat asal Inggris, Corinne Bailey Rae. Penyanyi, gitaris dan penulis lirik lagu ini tampil menjelang tengah malam dengan beberapa lagu andalan di album baru dan album lamanya. Sementara di panggung lain ada Los Amigos dari India dan ada Roberta Gambarini yang juga sempat tampil di press conference JJF 2011.

Selain belasan panggung musik, pagelaran JJF tahun ini juga dimeriahkan oleh ratusan booth. Anda bisa mendapatkan merchandise dan berbelanja produk dari para sponsor yang mendukung. Anda juga tidak perlu khawatir akan konsumsi karena tersedia banyak pilihan menu untuk anda santap. Tetapi saran Ghiboo adalah anda terlebih dahulu mengunjungi booth BNI untuk mendapatkan kartu untuk bisa melakukan segala transaksi di event ini. Karena hampir semua transaksi
menggunakan kartu Java Jazz untuk pembayaran resmi.

Bagi anda yang belum sempat datang pada hari pertama JJF 2011, pastikan anda hadir pada hari kedua dan ketiga dengan barisan penampil yang tetap luar biasa. Siapkan weekend anda dan sampai bertemu di Axis Jakarta International Java Jazz Festival 2011, Harmony Under One Nation.

Silahkan klik disini untuk melihat foto hari pertama Java Jazz Festival 2011.

(Ghiboo)

SHARE