Java Jazz Festival Day 3 (part 1)

0
44

.Hari ketiga penyelenggaraan Java Jazz Festival 2011 dimulai lebih awal mengingat hari Senin, anda semua akan kembali beraktifitas. Ghiboo memulainya dengan Roberta Gambarini yang bermain di Hall Semeru. Sebelumnya Roberta sempat bermain pada acara press conference Java Jazz Festival dengan Ron King Big Band. Vokalis Jazz yang dianggap sebagai penerus Ella Fitzgerald dan Sarah Vaughan ini membawa band nya sendiri setelah tahun lalu Roberta datang ke Java Jazz Festival bersama rombongan Roy Hargrove. Olah vokal Roberta dalam menyanyikan nada-nada terdengar mempesona. Ada satu lagu berjudul Estate, dimana dia menyanyikan lagu tersebut dengan mengundang Maurice Brown, sang juara dari
Miles Davis Trumpet Competition, sebagai features trumpet.

Sementara di Hall D2, tampil George Duke. Kali ini George Duke tampil dengan format Electric setelah semalam tampil bersama JJF All Stars. Duke bermain Smooth Jazz pada lagu Cravo Geneva dan menjadi fusion saat bermain lagu Everyday Hero. Tidak nampak tanda kelelahan dari George Duke dan band nya. Peraih R&B Keyboardist of The Year ini tetap mampu bermain maksimal dan menghibur walau tampil awal.

Pada Stone Stage tampil Mian Tiara. Solois yang juga sudah merilis album “The Comfort of My Own Company” ini memainkan lagu-lagu yang terinspirasi dari salah satu pahlawan dan komposer nasional, Ismail Marzuki. Sementara di Hall D1 ada Kahitna. Pada tiga lagu awal, Kahitna memainkan musik instrumental yang merupakan akar dari musik Kahitna. “Kita ini band Fusion yang nyasar ke Pop,” ungkap Yovie Widiyanto. Lagu-lagu instrumen tadi merupakan sejarah awal terbentuknya Kahitna.

Kahitna lalu mulai mengajak masuk ketiga vokalisnya, Hedi Yunus, Carlo Saba dan Mario. Formasi komplit Kahitna ini memainkan lagu-lagu yang pasti anda sudah hafal diluar kepala. Penampilan Kahitna kali ini juga menjadi pemanasan untuk konser perayaan Anniversary Kahitna ke 25. Rencananya mereka akan mengadakan konser tersebut pada tanggal 15 September 2011 di Plenary Hall Jakarta.

Pada Hall A3, pengunjung dihibur oleh Kilimanjaro. Band yang terdiri dari 5 personil ini tampil dengan irama smooth jazz. Kilimanjaro juga memainkan lagu-lagu dari album terbarunya, ‘Homecoming’, setelah 25 tahun vakum, awesome. Sementara dari Java Jazz Stage, ada solosi wanita pendatang baru bernama Fraya. Ini merupakan tahun keduanya bermain di Java Jazz Festival. Fraya membawakan beberapa lagu ciptaan dirinya dan juga cover lagu High and Dry (Radiohead), Closer (Corrine Bailey Rae) dan Roxane (U2). Kehadiran Fraya juga menjadi bukti bahwa Java Jazz Festival terus melebarkan radarnya untuk menjangkau musisi berbakat diluar kota Jakarta.

Hall Semeru menghadirkan salah satu legenda Jazz Indonesia, Buby Chen yang bermain dalam format Buby Chen Plays Pop. Pianis Jazz legendaris ini menyentuh tanah musik pop dengan harapan semua pengunjung Java Jazz Festival mampu menghargai semua jenis musik. “Kita harus mencintai musik Jazz dan musik bukan Jazz,” seru Buby. Pada lagu pertama Buby Chen memainkan komposisi lagu berjudul The Day of Wine and Roses milik Henry Mancini sementara di lagu kedua Buby mengajak Siera untuk bernyanyi. Lagu kedua ini berjudul Body and Soul yang juga dilakukan untuk mengenang dan menghormati ayahanda Idang Rasjidi yang meninggal semalam. Sementara pada lagu ketiga, Buby dan Siera bermain swing dengan membuat komposisi lagu I Have a Dream dengan mengundang dua penari latar diatas panggung.

Ada juga penampilan yang memukau ditunjukkan pada Hall Lawu 1. Muhammad Ade Irawan, atau biasa disapa Ade Irawan. Seorang pianis dengan kemampuan bermain piano yang luarbiasa, walau Ade yang tuna netra ini hanya belajar piano secara otodidak sepertihalnya legenda Jazz, Art Tatum. Ade yang lahir di Inggris dan besar di Chicago ini memainkan beberapa lagu instrumental walaupun juga ada satu lagu dimana Ade juga bernyanyi pada lagu Summertime. Gitaris pendukung Ade kali ini yang bernama Adit, sebelumnya juga membantu bermain gitar untuk Mian Tiara.

Masih banyak hal seru yang terjadi di hari ketiga Java Jazz Festival. Simak terus Ghiboo untuk update selanjutnya.

(Ghiboo)

SHARE