Antara China, India, dan Arunachal Pradesh

0
81

.China dan India sering disebut-sebut sebagai ‘Macan Asia’ karena pesatnya perkembangan ekonomi mereka. Selain bersaing ketat dalam mendongkrak ekonomi negara dan mencoba menggeser dominasi Amerika Serikat dalam ekonomi dunia, China dan India juga bersitegang selama bertahun-tahun karena masalah perbatasan wilayah.

Lokasi persengketaan itu adalah Arunachal Pradesh, sebuah negara bagian di India bagian timur laut. Daerah yang berpusat di kota Itanagar ini berbatasan dengan Assam di selatan, Nagaland di tenggara, Myanmar di timur, dan Bhutan di sebelah barat, sementara Garis McMahon membatasi negara bagian ini dari China di sebelah Utara. Garis McMahon… inilah pangkal persengketaan antara China dan India yang dimulai ketika pada tahun 1914 pemerintah kolonial Inggris menetapkan garis pembatas tersebut.

Di kawasan Arunachal Pradesh, setiap pagi matahari terbit sekitar jam 4.30 pagi. Kondisi pagi yang kelewat dini inilah yang menginspirasi para leluhur untuk mengkombinasikan kata ‘Arun’ yang berarti matahari dan ‘Achal’ yang berarti Sinar dan kemudian mengadopsinya hingga akhirnya menjadi nama kawasan ini. Selain pesona matahari terbitnya, Arunachal Pradesh juga memiliki banyak sekali titik yang menarik, termasuk biara agung Buddha di Tawang, danau Sela di dekat Bomdila dengan jembatan bambunya yang menggantung santai di atas sungai, serta pesona alam dan kehidupan liar di Eagle’s Nest Wildlife Sanctuary.

(Berbagai sumber)

SHARE