Atasi Tuduhan 'Salah Membesarkan Anak'

0
52

.Keluarga kerap membantu kita, namun mereka juga bisa jadi sangat menyebalkan. Anda telah dengan susah payah dan sepenuh hati merawat anak-anak Anda dan ketika berkunjung ke rumah kerabat atau mereka datang ke rumah, mereka langsung mengeluarkan pernyataan menuduh, bahwa cara Anda membesarkan si kecil salah.

Bagaimana mengatasi hal ini? Tenang, ‘pertahanan’ yang baik akan menjadi ‘serangan’ yang baik pula dan ini sangat tepat untuk diterapkan dalam kasus ini. Coba ingat-ingat kembali, apa Anda benar sudah melakukan yang terbaik untuk si kecil?

Bila Anda sudah banyak membaca buku tentang mengasuh anak, mendatangi berbagai kelas pengajaran, kerap bertanya dan berkonsultasi pada pakar anak, maka Anda telah memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang anak. Hal ini seharusnya meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Tentu Anda sadar, bahwa segala keputusan yang Anda ambil demi kebaikan buah hati adalah berdasarkan kenyataan-kenyataan dan pengetahuan yang telah Anda pelajari selama ini. Maka dari itu, tenangkan diri Anda. Anda sudah melakukan yang terbaik sesuai langkah dan petunjuk yang benar.

Hadapi ‘saran yang bersifat membantu’ dari kerabat tersebut dengan reaksi manis. Tersenyumlah dan katakan, “Wah, terima kasih ya sudah perhatian. Tapi aku dan suami (atau istri) sudah banyak mencari pengetahuan dan panduan mengenai anak. Jadi ya apa yang kami lakukan sudah sangat benar.”

Setelah mengatakan hal itu, gantilah topik pembicaraan agar suasana kembali santai. Lagipula, mengasuh anak adalah hak dan urusan Anda sebagai orangtua, bukan orang lain. So, why bother?

(Berbagai sumber)

SHARE