Jadwal Makan Sehat

0
35

.Kesibukan dapat menyita waktu dan pikiran, sehingga kita tidak lagi fokus pada apa yang seharusnya dikonsumsi. Akibatnya kita hanya sekedar mencomot apa yang bisa dimakan.

Hal itu dapat berbahaya lho! Mari kita simak saran jadwal makan sehat berikut ini, dan terapkan bersama-sama.

7.00: Bangun…bangun…!
Lakukan sedikit olahraga di kamar, untuk merenggangkan otot-otot.

7.15: Minum segelas air
“Memberi asupan air pada tubuh saat baru bangun tidur, dapat mencegah dehidrasi yang bisa mengarah pada gejala sakit kepala”, ujar Sara Ryba, seorang ahli gizi di Scarsdale, New York.

7.45: Minum secangkir kopi
Saat sedang menyiapkan secangkir kopi, minumlah segelas air lagi.

8.30: Sarapan kaya protein
“Protein membantu kadar gula dalam darah tetap konsisten, jadi Anda takkan merasa lemas saat pagi hari,” tambah Ryba. Roti selai kacang, atau roti keju beserta buah berry bisa menjadi pilihan.

10.15: Saatnya ngemil snack
Menjelang makan siang, Anda diperbolehkanuntuk ngemil. Snack yang dianjurkan yakni hazelnut atau almond. “Kacang-kacangan ini kaya akan magnesium, yang dipercaya mampu mendongkrak energi”, ujar Ryba.

10.45: Minum air lagi yuk
Jika Anda kurang suka minum, maka coba makan buah yang mengandung banyak air seperti semangka.

12.30: Makan siang
Lunch bersama teman di restoran bisa membuat Anda makan berlebih. Hal ini dapat menghabiskan cadangan energi untuk beberapa jam mendatang. “Semakin banyak makanan yang Anda konsumsi, semakin keras usaha tubuh untuk mencernanya,” ungkap Ryba. Jika ingin tetap berenergi, makanlah secukupnya dengan sandwich, semangkuk sup, dan sebuah apel misalnya.

14.45: Snack again
Jam kerja siang hari, dapat menyebabkan Anda mengantuk terlebih usai makan siang. Ayo konsumsi asam omega 3 yang dapat membantu meningkatkan daya kerja otak. Minumlah yoghurt yang mengandung flaxseed atau walnuts.
Jam-jam seperti ini juga merupakan momen terbaik untuk minum secangkir teh hijau, yang membantu melancarkan metabolisme. Teh hijau kaya antioksidan dan mengandung kafein lebih sedikit daripada secangkir kopi, jadi takkan merusak pola tidur di malam hari.

16.00: Cheer body up
“Kebanyakan orang mengalami penurunan produksi hormon serotonin antara pukul 3-5 sore hari,” ujar ahli biologi Judith Wurtman dalam buku The Serotonin Power Diet. Anda harus membantu tubuh untuk meningkatkan hormon kebahagiaan ini dengan mengonsumsi popcorn atau tiga potong cokelat kecil.

8.30: Dinner time
Selesaikan makan malam setidaknya 2,5 jam sebelum waktu tidur. Jika tidak, maka proses pencernaan dalam tubuh akan mengganggu kenyenyakan tidur. Pilihlah menu ringan yang mengenyangkan, kaya protein, sayur, dan karbohidrat kompleks, seperti salmon, brokoli, nasi merah, kacang-kacangan, selada, keju, tomat, atau ayam panggang ukuran kecil.

10.00: Relaxing
Meneguk teh herbal, terutama yang mengandung chamomile bisa membantu Anda cepat terlelap. Sedangkan untuk teh peppermint bisa membantu proses pencernaan.

11.30: Selamat tidur. Mimpi indah ya!

(berbagai sumber)

SHARE