Olahraga Ala Jet Lee

0
272

.Untuk menjaga tubuh tetep fit dan bugar, ada yang memilih berolahraga di pusat kebugaran, sedangkan yang lain lebih suka bergabung dalam tim olahraga atau jenis aktivitas fisik lainnya. Tapi, seiring menjamurnya pusat-pusat kebugaran dengan tawaran beragam program, ternyata membuka kesempatan kita untuk mencoba banyak olahraga baru. Salah satunya adalah bela diri.

Inilah 5 alasan kenapa kita patut mencobanya :

1. Meningkatkan latihan kardio.
Hampir semua olahraga bela diri akan memaksa kita untuk benar-benar bergerak, apakah itu saat melakukan pola atau jurus, ketika latihan bertarung, ataupun berlatih teknik yang lain. Selain itu di awal sesi latihan, olahraga bela diri biasanya juga mencatumkan pamanasan untuk memacu detak jantung kita.

2. Mengencangkan otot dan meningkatkan kekuatan.
Kebanyakan olahraga bela diri menuntut kita untuk menggunakan tubuh kita secara keseluruhan, dimana kondisi ini akan meningkatkan kekuatan dan mengencangkan otot-otot di seluruh tubuh kita.

3. Mengajarkan kita untuk bisa melindungi diri sendiri.
Bukan menjadi sebuah rahasia lagi, banyak dari olahraga bela diri berasal dari sebuah seni bertarung dan melindungi diri. Contohnya karate , taekwondo, kung fu, atau seni bela diri lain yang akan membantu kita untuk selalu siap jika dihadapkan oleh situasi yang membahayakan dan memaksa kita “beraksi” dengan reaksi yang paling tepat.

4. Meningkatkan fleksibilitas dan kordinasi tubuh.
Teknik, gerakan dan latihan yang berbeda-beda, seperti menendang, memukul, melempar, pola jurus, dan lain-lain secara otomatis juga akan melatih dan meningkatkan keseimbangan, postur, kelenturan serta kordinasi tubuh kita.

5. Menekankan pada kepercayaan diri dan rasa menghargai.
Terutama untuk jenis olahraga bela diri dari Asia Timur, seperti karate, taekwondo, kung fu, judo, dan kendo yang sangat baik dalam meningkatkan kedisiplinan, menekankan pada rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri serta orang lain.

Pada dasarnya setiap olahraga baik untuk tubuh, asalkan sesuai aturan dan rutin melakukannya.

(berbagai sumber)

SHARE