Olahraga Pembasmi Selulit

0
26

.Timbunan lemak berupa guratan atau selulit sering muncul di sekitar perut, bokong dan paha. Timbunan lemak adalah penyebab utama timbulnya selulit pada tubuh. Selulit dapat disebabkan oleh hormon estrogen, insulin, noradrenalin, tiroid, dan prolaktin. Selain itu Terlalu lama berdiri atau duduk dengan posisi yang sama dapat menimbulkan selulit di dalam tubuh.

Penumpukan lemak memang selalu mengganggu. Namun, dengan berolahraga timbunan lemak itu dapat terbakar dan mengembalikan kekencangan kulit pada level normal. Lalu olahraga apa saja yang harus dilakukan?

Sit Up. Dengan posisi duduk di lantai, tekuk lutut dan pastikan kedua telapak kaki bertumpu rata pada lantai. Secara perlahan, baringkan tubuh bagian atas pada lantai dan letakkan kedua telapak tangan di belakang kepala. Lalu angkat tubuh bagian atas ke posisi duduk semula. Lalukan sebanyak 25 kali. Sit up tidak hanya menghapus selulit tapi juga meratakan perut.

Crunches. Berbaringlah di lantai lalu angkat kedua kaki ke atas, hingga terasa lutut dan paha menekan dada. Perlahan turunkan kedua kaki hingga kedua kaki sejajar dengan lantai. Ulangi gerakan 10-20 kali untuk menghilangkan selulit dari perut dan pinggul.

Leg Lifts. Gerakan ini bagus untuk menghilangkan selulit dari pinggul, paha, dan bokong. Berbaring dengan posisi tubuh menyamping, gunakan tangan kanan sebagai penyangga kepala. Angkat kaki kiri secara perlahan dan tekuk, tahan beberapa saat, lalu kembalikan kepada posisi semula. Ulangi gerakan hingga 25 kali dan lakukan pada tubuh sebelah kiri.

Walking. Olahraga ini sangat baik untuk seluruh bagian tubuh. Membuat tangan, kaki, dan sistem kardiovaskular berjalan sebagaimana mestinya. Tidak hanya itu, berjalan atau walking membuat tubuh bagian bawah tetap kencang, sehingga selulit pun tidak mau mampir. Lakukan dengan kecepatan sedang selama 20-30 menit dengan intensitas 3-4 kali dalam seminggu.

Jogging. Aktivitas fisik ini akan membakar lemak di wilayah pinggul, kaki, dan paha. Jika Anda terbilang pemula, awali dengan kecepatan biasa dan perlahan tingkatkan. Bisa juga dengan jalan cepat setiap kali berangkat kantor atau naik-turun tangga.

Setelah berolahraga, pilihlah pakaiandalam  yang tidak terlalu ketat. Karena percaya atau tidak, pakaian dalam juga mempengaruhi timbulnya selulit.

Pakaian dalam yang ketat dan elastis hingga menekan aliran darah  di sekitar bokong akan meninggalkan bekas, yakni selulit.

(berbagai sumber)

SHARE