Tahap Bayi Mengenal Suara

0
55

.Mungkin Anda sering merasa bingung sendiri dengan kedua anak Anda. Rentang usia mereka tidak terlalu jauh, tiga dan empat tahun. Saat sedang berbicara dan menggunakan nama mereka masing-masing, sepertinya anak-anak tersebut tidak bereaksi dengan semestinya atau bahkan keduanya justru akan menoleh bersama. Sebenarnya kapan seorang anak akan mulai mengenali namanya?

Pada usia empat bulan, si kecil sudah dapat membedakan antara suara laki-laki dan perempuan. Sebulan kemudian (usia lima bulan), ia mulai dapat merespon pada berbagai nada yang dilekuarkan orang-orang di sekitarnya, seperti marah, senang, dan lain-lain. Pembicaraan yang bernada marah dan bersahabat dapat diketahuinya setelah berusia enam bulan.

Kurang lebih usia 8-10 bulan, untuk pertama kalinya si kecil biasanya dapat mengenali dan memahami bahasa tubuh simbolis (‘dadaaahh‘), intonasi (‘eh, oh‘), dan struktur kata dan frase (‘Ibu di mana?’). Pada umur inilah ia sudah bisa ‘mendengarkan’ saat diajak berbicara dan mengenali hal-hal umum, seperti ‘sepatu’ dan ‘gelas’. Ia pun akan mampu untuk bereaksi pada Anda dengan nada meminta ‘lagi’ atau ‘mau lagi’.

Wajar bila pada umur empat bulan, anak belum dapat mengenali namanya sendiri. Terlebih bila ia merupakan anak kembar. Anak-anak kembar sering mendengar dua nama. Ini membuat mereka menjadi bingung. Saat mereka menoleh pada Anda, bisa jadi ini karena reaksi mereka terhadap suara Anda bukan pada nama yang Anda ucapkan. Anak akan merespon ketika dipanggil, karena suara Anda mengandung kenyamanan dan cinta. Sabar saja. Kelak ketika usianya mencapai 6-12 bulan, ia akan mulai mengenal namanya sendiri.

(Berbagai sumber)

SHARE