Tips Beli Mobil/Motor Baru

0
53

.JAKARTA – Gencarnya pabrikan mobil/motor menawarkan model-model baru pasti membuat siapa saja ingin memiliki kendaraan gress itu.

Namun sebelum mengambil keputusan untuk membeli mobil/motor baru ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut agar Anda tak rugi dikemudian hari:

1. Pilih dealer resmi
Dealer yang tak resmi memang ada kalanya menawarkan diskon besar, tetapi kita tidak pernah tahu apakah mobil/motor yang dijual itu telah diganti komponennya dengan barang palsu atau kemungkinan adanya cacat pada bagian mobil/motor tersebut sehingga harganya lebih rendah dari pasaran normal.

2. Beli pada saat yang tepat
Bulan Desember dianggap jadi momentum untuk membeli mobil/motor baru. Karena disaat-saat ini perusahaan biasanya memberikan diskon yang cukup besar sebagai upaya mereka menghabiskan stok produksi yang ada.

3. Cari tahu harga pasaran

Sebelum membeli mobil/motor baru, ada baiknya mencari informasi sebanyak mungkin berapa harga pasaran atau harga resmi yang dikeluarkan pihak perusahaan untuk mobil/motor tersebut secara on the road. Karena biasanya harga ditiap-tiap dealer cenderung berbeda, maka pilihlah dealer yang menawarkan harga terendah.

4. Jangan membeli asuransi dari dealer

Dealer merupakan ladang komisi bagi perusahaan asuransi kendaraan bermotor. Mobil/motor baru yang di bundling dengan asuransi biasanya harganya akan lebih mahal. Jika memang mobil/motor Anda ingin diasuransikan, pilih perusahaan asuransi diluar dealer, toh perusahaan dan jenis perlindungannya sama saja. Dengan cara ini Anda bisa menghemat setidaknya Rp400.000-Rp500.000.

5. Bandingkan penawaran bonus dari dealer

Jika Anda sudah menemukan dealer resmi yang menawarkan harga termurah, ada baiknya Anda pertimbangkan juga barang-barang bonus yang ditawarkan dealer tersebut seperti kaca film, bahan anti karat, dan sebagainya. Makin banyak aksesoris yang ditawarkan sebuah delaer maka makin banyak uang yang bisa Anda hemat untuk mempercantik tampilan kendaraan Anda.

6. Jangan pernah membayar biaya apapun sebelum deal

Jangan menandatangani perjanjian pembayaran apapun sebelum Anda benar-benar sudah memutuskan membeli kendaraan dari suatu dealer. Pastikan pula semua perjanjian dengan dealer tempat Anda membeli kendaraan maka surat perjanjian itu dilengkapi kop dan cap resmi sehingga apabila terjadi suatu kesalahan di kemudian hari, Anda bisa melakukan klaim.

7. Tukar tambah

Seandainya Anda berniat melakukan transaksi tukar tambah kendaraan lama dengan kendaraan baru, sebaiknya hindari transaksi ini terjadi di satu delaer yang sama. Lebih baik Anda menjual terlebih dahulu kendaraan lama Anda sebelum akihirnya uang hasil penjualan dikendaraan lama tersebut Anda gunakan untuk membeli kendaraan baru impian Anda.

8. Perhatikan garansi

Membeli mobil/motor baru bukan merupakan perjanjian kontrak terputus. Artinya Anda akan tetap membutuhkan dealer yang bersangkutan untuk perawatan pasca pembelian. Karena itu perhatikan garansi yang diberikan dealer tempat Anda membeli kendaraan baru tersebut agar selama kepemilikan kendaraan Anda mendapat jaminan pelayanan purna jual.

Selamat berburu mobil/motor baru!

(berbagai sumber)

SHARE