Semakin Mesra Semakin Cepat Sembuh

0
38

.Mulai saat ini, sebaiknya kita tidak berlama-lama marah dengan pasangan. Karena penelitian membuktikan, keharmonisan memegang peranan penting untuk mempercepat proses pemulihan dari sakit atau luka.

Janice Kiecolt-Glaser,PhD, profesor bidang psikiatri di Ohio State University College of Medicine, melakukan penelitian tersebut. Dalam penelitiannya terungkap pasangan yang sering bertengkar tingkat kesembuhannya hanya 60 persen, dibandingkan pasangan yang lebih harmonis.

Karena setiap kali bertengkar atau dalam tekanan, kita akan mengeluarkan hormon stres, kortisol. Produksi kortisol yang berlebihan inilah yang memperlambat proses penyembuhan. Sedangkan ketika kita tengah bermesraan dengan pasangan, hormon kortisol akan terhambat dan proses penyembuhan dapat berjalan tanpa hambatan.

Hal yang harus dilakukan setiap kali masalah rumah tangga datang untuk memicu kortisol, cobalah untuk mengatasi segala perbedaan setenang mungkin. Jangan saling menyerang karena akan memicu produksi kortisol pada pasangan kita.

Coba juga untuk tidak terlalu menuntut satu sama lain dan mengeluarkan komentar-komentar negatif. Lagi-lagi, ini hanya akan menarik kortisol keluar dari sistem produksi hormon.

Menjaga agar kortisol tidak terpancing untuk diproduksi jauh lebih murah daripada menemui penasehat masalah rumah tangga.  Jadi, marilah meredam kortisol masing-masing.

(berbagai sumber)

SHARE