Ayo Warnai Pelangi Menu Harian Anda

0
33

.Karena ingin praktis dan terburu-buru, kita sering memilih menu yang sama setiap kali jam makan siang tiba. Tapi sehatkah ini?

“Itu adalah kebiasaan yang kurang sehat,” jawab Dr. Melina Jampolis, ahli nutrisi dari San Francisco, California. Meskipun menurut Jampolis dalam menu tersebut sudah terdapat sayur, daging, dan nasi dalam jumlah yang proporsional.

Kebiasaan memilih menu yang sama mempersempit peluang tubuh untuk mendapatkan nutrisi dari bahan makanan yang lain. Sebab, setiap sumber bahan makanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. ?Jika dibiarkan terus menerus, kita justru akan mengalami malnutrisi.? tambahnya.

Sangat penting untuk mengkonsumsi vitamin dan mineral dari bahan makanan yang bervariasi. Misalnya dengan menganti sayuran yang dimakan setiap harinya, mulai dari yang berwarna hijau pekat sampai oranye terang.

Dari jenis makanan tersebut kita akan mendapatkan vitamin K, E, C, plus beta karotin yang dapat melindungi tulang hingga kulit.
Dan ketika kita memberikan tambahan asupan bagi tubuh yakni roti gandum serta ikan dapat menyeimbangkan sumber kalori. “Ini adalah sumber kalori yang aman bagi jantung serta otak.”

Jadi mari gambar pelangi pada piring makanan kita.

(berbagai sumber)

SHARE