Banyak Gula = Mudah Sakit

0
30

.Sebuah penelitian menemukan bahwa pankreas dapat berubah menjadi abnormal pada orang yang menikmati gula secara berlebihan. Kondisi ini membuat pankreas memproduksi insulin secara terus menerus, sehingga menekan hormon yang mengatur daya tahan tubuh.

Kita mungkin tidak banyak yang tahu kalau salah satu sifat insulin adalah beredar lama di dalam darah, meski gula atau glukosa sudah dimetabolisme oleh tubuh. Sisa-sisa insulin inilah yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita.

Hal lain yang juga harus kita ketahui adalah, penelitian mengungkapkan, tubuh memperlakukan gula putih (yang bentuknya bubuk halus) sebagai benda asing yang harus dilawan. Karena itu, gula tersebut diproses dengan penyulingan dan mengandung senyawa kimia yang tidak bisa diolah tubuh. Hasilnya, tubuh harus bekerja lebih keras untuk mengusir “racun” ini yang membuat kekebalan tubuh kewalahan.

William Sears, MD., pediatric dari California menjelaskan, 100 gram (8 sendok makan) gula dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman hingga 40 persen. Dan ini berlangsung 30 menit setelah gula dikonsumsi serta berlangsung kurang lebih selama 5 jam.

Biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak terlalu manis. Selain dapat mengurangi imunitas tubuh, gula juga menjadi penyebab diabetes.

(berbagai sumber)

SHARE