Berapa Porsi Buah dan Sayuran yang Tepat?

0
30

.Suka tidak suka, Anda harus mengkonsumsi sayur dan buah. Jika selama ini orang sering menghindari anjuran makan buah sayuran dengan mengkonsumsi berbagai suplemen, kini makanan sehat itu tidak tergantikan manfaatnya oleh suplemen sekalipun.

Untuk Anda yang suka, tentu tidak masalah. Tapi bagi Anda yang tidak pernah menyukai buah dan sayur, dan mengonsumsi hanya sebagai keharusan hidup sehat saja, tentu Anda bertanya-tanya berapa banyak sebenarnya yang harus dimakan untuk mendapatkan manfaatnya.

Berdasarkan pedoman World Health Organization, anjuran konsumsi buah dan sayur adalah sekitar 400 gram per hari. Bagaimana jika dikonsumsi lebih dari itu, apakah manfaatnya juga akan semakin baik? Sejumlah peneliti yang penasaran dengan hal ini mengadakan studi untuk menjawabnya.

Studi dilakukan di Eropa dengan melibatkan 300.000 orang dari delapan negara. Dari investigasi tersebut ditemukan bahwa konsumsi buah dan sayur sebanyak 8 porsi (sekitar 680 gram) atau lebih, memiliki risiko terkena penyakit jantung 22 persen lebih rendah, dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi 1 porsi (85,5 gram).

Sebagai perbandingan, satu porsi setara dengan satu buah pisang yang kecil, satu buah apel ukuran medium atau satu buah wortel kecil. Jadi 8 porsi adalah sebanding dengan makan 8 buah pisang kecil atau 3 buah pisang yang besar. Untuk mempermudah, perhatikan saja berat daging buah.

Perlu diperhatikan juga, akan lebih baik jika Anda mengkombinasikan aneka buah dan sayuran. Mangga, misalnya. Satu buah mangga yang besar memiliki berat sekitar 300 gram. Untuk memenuhi kebutuhan 680 gram, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi dua buah mangga yang besar, karena mangga juga memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Sebaiknya, imbangi konsumsi buah manis dengan sayuran yang tidak manis agar gula darah Anda tidak melonjak.

(berbagai sumber)

SHARE