Dinasti Ming dan Peninggalan Super Berharganya

0
89

.Ketika sebuah vas dua warna biru-putih muncul dalam sebuah kotak kardus di balai lelang Duke, di Dorchester Inggris, tak ada seorang pun yang akan menduga kalau ternyata vas itu adalah salah satu maha karya yang berasal dari Dinasti Ming Cina.

Vas berukuran hampir satu kaki dan dalam kondisi segar ini dibawa ke Duke oleh seorang pensiunan tua yang ingin melihat apakah benda tersebut ada harganya. Kini vas bunga dari dinasti Ming ini tercatat sebagai artifak terbesar dan dalam kondisi paling segar yang diwariskan oleh dinasti Ming untuk kita nikmati.

Cat yang bergumpal dalam warna kobalt dihasilkan dari penggunaan teknik tumpuk, sebuah karakteristik dominan yang mendefinisikan tembikar dinasti Ming. Desain yang terlihat ringan dihiasi oleh deret awan di bagian leher ini juga memperlihatkan grafis bintang 6 sudut yang mengingatkan pada karya kaca dan logam bernuansa Islam. Pernikahan seni dalam bentuk dan lekuk Timur Tengah serta teknik dekoratif khas Cina ini juga memperlihatkan nuansa budaya yang diperankan oleh dinasti Ming sebagai penghubung Cina dengan Kekaisaran Mamluk di Mesir dan Suriah.

Meskipun tak jelas berapa uang yang didapat oleh bapak pensiunan pembawa vas dari dinasti Ming, namun Dorchester Fine Art Salerooms siap melepas vas ini senilai Rp. 13,2 Milyar dalam pelelangan di tanggal 12 Mei yang diharapkan  dapat menarik para super-kolektor dari daratan Asia dan Timur Tengah.

(Berbagai sumber)

SHARE