Menuju Panggung Miss Kopi

0
29

.Sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, Kota Manizales di Kolombia punya cara tersendiri untuk merayakan produk kebanggaannya itu. Sejak tahun 1957, Manizales selalu menggelar perayaan besar untuk menghormati kopi (bukan hanya sebagai komoditi, namun juga identitas dan kebanggaan Kolombia) dengan menyelenggarakan pemilihan Ratu Kopi Internasional, atau Reinado Internacional del Cafe. Acara yang dimotori oleh dinas pariwisata dan budaya kota Manizales ini diikuti oleh lebih dari 20 kontestan setiap tahunnya, dan dari penyelenggaraan terakhirnya, Sofinel Baez dari Republik Dominika terpilih sebagai Ratu Kopi 2011.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia yang saat ini merupakan produsen kopi terbesar keempat di dunia? Kabar dari pihak Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia ternyata saat ini juga mulai melirik potensi kopi dan kecantikan asli Indonesia sebagai salah satu acara untuk mendukung promosi destinasi wisata. Rencananya di bulan April nanti akan digelar sebuah kontes kecantikan Putri Kopi, yang nantinya akan menjadi wakil Indonesia di ajang Reinado Internacional del Cafe, atau International Queen of Coffee di Manizales.

Dalam tahap lokal ini, setidaknya ada 14 provinsi yang akan ikut berpartisipasi dalam ajang pemilihan Putri Kopi, antara lain Flores, Toraja, Lampung, Jawa, dan Bali. Tentu saja semua daerah tersebut merupakan daerah-daerah penghasil kopi unggulan Indonesia, atau yang secara ekonomi dipengaruhi oleh produk kopi. Harapan terbesar tentu saja jatuh pada meningkatnya grafik pariwisata dan industri kopi Indonesia yang semoga saja tak hanya makin dikenal secara luas, namun juga bisa menjadi favorit dunia, seperti kopi Luwak misalnya.

Semoga tak ada kontroversi bikini dalam pemilihan miss kopi.

(Berbagai sumber)

SHARE