Gemuk Juga Bisa Sehat Lho

0
33

.Memiliki tubuh gemuk identik dengan penyakit obesitas, penyakit jantung, dan penyakit mematikan lainnya. Tetapi ternyata, memiliki tubuh gemuk dapat mencegah Anda dari kematian. Wah Anda yang bertubuh gemuk pasti senang mendengarnya.

Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan selalu menghubungkan kelebihan berat badan dengan resiko diabetes, serangan jantung dan kanker. Namun, Robert Eckel, Profesor kedokteran Universitas Colorado mengatakan, “Kelebihan berat badan tidak selalu diidentikkan dengan resiko penyakit jantung.”

Walaupun obesitas juga menjadi penyebab kematian yang tinggi, setelah kematian akibat kanker atau serangan jantung. Tetapi, mereka yang kelebihan berat badan memiliki resiko terserang penyakit sama dengan orang normal pada umumnya.

Yang lebih mengagetkan lagi, penelitian terbaru menyebutkan bahwa menjadi gemuk kemungkinan dapat mencegah kematian akibat penyakit kronis lain selain kanker dan penyakit jantung. Walaupun, hal ini masih diperdebatkan karena beberapa ahli yakin mengurangi berat badan yang berlebih sangat penting untuk mengurangi resiko penyakit mematikan.

Tapi apakah menurunkan berat badan adalah hal pertama yang paling perlu dilakukan? Semua itu tergantung pada banyak sedikitnya faktor-faktor yang menyebabkan resiko terkena penyakit pada diri Anda, yakni:

Faktor Usia
Orang yang berusia antara 45 tahun atau lebih memiliki kemungkinan yang besar terserang diabetes. Resiko penyakit jantung dan kanker juga dapat dipengaruhi faktor umur. Dan untuk wanita mudah terserang penyakit jantung ketika menginjak usia 55 tahun.

Faktor riwayat kesehatan keluarga
Pasti Anda khawatir jika keluarga memiliki penyakit keturunan. Namun, hanya garis keturunan pertama seperti orangtua, anak dan saudara kandung yang kemungkinan terserang penyakit keturunan itu. Walaupun gemuk, Anda juga harus menjaga kesehatan. Selama Anda sehat dan badan bugar tidak kemungkinan kecil terserang penyakit serius.

(berbagai sumber)

SHARE