Juara Pariwisata Dunia!

0
30

.Coba tebak, kawasan mana yang paling bersinar dalam bentang radar peta pariwisata dunia? Kalau tebakan Anda adalah kawasan Eropa, maka benar sekali jawaban Anda. Berdasarkan Indeks Daya Saing Pariwisata tahun 2011 rilisan World Economic Forum, tercatat sebanyak tujuh negara di kawasan Eropa berhasil memantapkan diri dalam sepuluh besar daftar tersebut.

Kanada, Singapura dan Amerika Serikat adalah tiga negara non-Eropa yang berhasil bersaing bersama Swiss, Jerman, Perancis, Austria, Swedia, Inggris dan Spanyol dalam mendominasi daftar hotspot pariwisata yang disusun oleh Forum Ekonomi Dunia setelah menganalisa berbagai faktor yang berkontribusi dalam pembangunan pariwisata di suatu negara, seperti infrastruktur, transportasi, daya saing harga, dan sumber daya alam serta budaya.

Swiss memenangkan tempat pertama berkat kekayaan sumber daya alam dan budaya serta infrastruktur pendukung seperti transportasi, akomodasi dan fasilitas umum yang sangat baik. Sementara itu aura pariwisata Jerman yang begitu cerah berhasil menggusur Austria tahun ini berkat sumber daya budaya yang melimpah dan peraturan lingkungan yang ketat dalam industri pariwisata. Selain itu Jerman, dan juga Perancis, juga dipuji-puji berkat infrastruktur transportasi daratnya yang memikat.

Sementara itu negara-negara terkemuka yang gagal masuk sepuluh besar namun menjadi pemimpin di kawasannya masing-masing antara lain Uni Emirat Arab yang paling bersinar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, Pulau Mauritius yang memimpin di wilayah Afrika dan sub-Sahara, serta Kosta Rika yang menjadi negara dengan peringkat tertinggi di kawasan Amerika, di luar daerah Amerika Utara.

Lalu bagaimana dengan negara tercinta kita? Potensi pariwisata Indonesia masih lemah, bahkan untuk tataran kawasan Asia Pasifik, dengan berada di posisi 74 dari total 139 negara yang dinilai daya saing wisatanya, dan kalah dari Singapura yang berada di ranking 10, Hong Kong (12), Jepang (22), Korea (32), Malaysia (35), Taiwan (37), China (39), Thailand (41), dan bahkan Brunei yang berada di posisi 67.

Hmmm…, semoga hasil tahun depan lebih baik.

Daftar 10 Besar Negara Dengan Daya Saing Perjalanan & Pariwisata 2011 Paling Mempesona

1. Swiss
2. Jerman
3. Perancis
4. Austria
5. Swedia
6. Amerika Serikat
7. United Kingdom
8. Spanyol
9. Kanada
10. Singapura

(Berbagai sumber)

SHARE