Monster High akan Bantai Bratz

0
460

.Perusahaan pembuat mainan besar, Mattel, baru saja mengeluarkan mainan barunya yang menekankan ketidaksempurnaan. Tidak seperti Barbie yang sangat sempurna dan cantik, koleksi Monster High Clawdeen Wolf terlihat berbeda dan lebih rebel. Keunikan Monster High Clawdeen Wolf ini terletak pada fitur rambut tambahannya. Sesuai slogan mainan tersebut ‘had to pluck, shave and wax’.

Yap betul sekali, boneka ini juga memiliki rambut tak hanya di kepala namun juga di kaki. Jadi ada semacam keharusan untuk mencukurnya. Sebuah profil online untuk
karakter Clawdeen Wolf yang merupakan putri seorang (atau seekor?) werewolf mengatakan, “Rambut saya
cocok untuk iklan sampo, ini buktinya yang di kaki saya. Mencabut dan
mencukur memang butuh waktu penuh, tapi penting untuk menjadi scarily fabulous“.

Kedelapan karakter boneka Monster High ini memang mempuyai latar belakang cerita yang
berbeda-beda, karena mereka adalah anak-anak monster terkenal seperti
Drakula dan Frankenstein (karena itu terlihat sedikit menakutkan ya?). Nama nama mereka adalah Lagoona Blue, Frankie Stein, Draculaura, Clawdeen Wolf, Deuce Gorgon, Cleo De Nile, Ghoulia Yelps, Holt Hyde dan Jackson Jeckyll. Banyak yang menduga bahwa Monster High merupakan jawaban Mattel untuk menyaingi
boneka yang sedang populer, Bratz.

Boneka ini diperuntukkan para gadis berusia antara 10 dan 12, yang masih suka pakai rok mini, celana ketat, make-up dan platform shoes dan ngecengin cowok-cowok.

Meskipun langsung mencuri perhatian, namun Monster High mendapatkan kritik dari para ahli parenting dan psikolog, menurut mereka boneka ini membutuhkan waktu
yang lama untuk mencopot rambutnya, yang tentu saja menginspirasi anak-anak untuk menghabiskan waktu lama mengurus rambut mereka.

Menurut psikolog Dale Atkins, jenis mainan seperti ini mengarahkan anak
gadis untuk memiliki tubuh ideal yang tidak sehat. Selain itu boneka seperti Monster High mendorong mereka untuk berdandan untuk menarik. Jika tidak, anak-anak gadis tersebut akan merasa tidak diperhatikan oleh cowok-cowok sebayanya.

Berbeda dengan pendapat para ahli, juru bicara Mattel mengungkapkan bahwa boneka tersebut populer dikalangan anak berusia lima tahun. Pesan bagi mereka adalah tidak apa-apa untuk tampil beda. Dia mengatakan, “Monster High adalah mainan yang melambangkan ketidaksempurnaan dan menerima ketidaksempurnaan orang lain.”

(Berbagai sumber)

SHARE