Pertempuran Meneropong Bintang

0
47

.Selain mempersiapkan diri untuk berlaga di pertandingan ICC Cricket World Cup 2011 dan Rugby World Cup 2011, Afrika Selatan juga sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah proyek Square Kilometer Array (SKA) senilai 1.5 Milyar Euro yang nantinya akan menjadi akses utama bagi seluruh ilmuwan dunia untuk memecahkan misteri dan teka-teki angkasa.

Square Kilometer Array (SKA) adalah sebuah rangkaian teleskop yang terdiri dari 3000 piringan antena (masing-masing berdiameter hampir 13m) dan bekerja secara kolektif seperti lensa zoom raksasa. Bersama-sama, mereka akan memindai langit dengan kemampuan 10.000 kali lebih cepat dari teleskop yang ada saat ini. Dengan proyek SKA di Afrika Selatan ini para ilmuwan berharap dapat menempuh miliaran tahun cahaya untuk melihat proses terciptanya alam semesta.

Selain itu SKA juga akan menjadi jawaban atas semua misteri yang melingkupi alam semesta ini, termasuk keberadaan kehidupan extra-terrestrial, teori relativitas Albert Einstein, serta lubang hitam.

Rencananya mega proyek ini akan mulai dibangun pada pertengahan 2012, dengan konstruksi dijadwalkan akan dimulai pada 2016. Kalau jadwal terpenuhi, makan pengamatan awal diharapkan sudah bisa dilakukan pada tahun 2019, dan di tahun 2024 SKA sudah bisa beroperasi penuh.

Namun Square Kilometer Array (SKA) bukanlah satu-satunya proyek meneropong bintang yang sedang hangat dikerjakan di bumi ini. Di puncak Mauna Kea di pulau Hawaii, rencananya akan dibangun 13 buah teleskop setinggi 56 meter yang mampu menghasilkan gambar 10 kali lebih jernih dibanding jepretan Hubble Space Telescope, dan mampu membawa para ilmuwan mengunjungi objek langit sejauh 13 milyar tahun cahaya. Selain itu European Southern Observatory juga sedang mengembangkan sebuah proyek perbintangan raksasa yang diberi nama European Extremely Large Telescope di kawasan pegunungan Andes di Chile.

Wah, sepertinya perburuan UFO di antara tumpukan bintang akan menjadi paket wisata yang sangat mendebarkan. 

(Berbagai sumber)

SHARE