Riccardo Tisci Resmi Menggantikan John Galliano

0
32

.Desainer Givenchy, Riccardo Tisci, resmi menempati posisi ketua pemerintahan Dior, menggantikan John Galliano yang digulingkan secara dramatis. Berbagai pendapat mengenai berita ini terdengar riuh-rendah di berbagai negara di dunia. Pro dan kontra mengalir. Sebagian menganggap Tisci terlalu gelap dan lebih tepat di Givenchy, sebagian lainnya merasa Tisci akan membawa penyegaran dan estetika baru ke dalam dunia Dior. Dibalik kabar hangat ini, ada beberapa hal yang mungkin belum anda ketahui tentang pria berkebangsaan Italia ini:

1. Nama belakangnya, diucapkan dengan “Tishee”, bukan “Tee-she” atau “Tisk-ee”.

2. Sebelum bertransformasi menjadi perempuan, model transeksual Lea T. pernah menjadi asisten pribadi Tisci. Saat masih pria, nama Lea T. adalah Leo.

3. Dia sering mengatakan bahwa catwalk bukanlah hal terbaik dalam menampilkan pakaian. Dia juga senang mengisi  fashion show dengan lagu-lagu yang downbeat. Dengan dua fakta ini, tampaknya Tisci akan memberikan sesuatu yang total berbeda pada panggung Dior selanjutnya.

4. Karya-karyanya di Givenchy mungkin tampak gelap dan gothic, namun ia tak menyukai julukan seperti itu. Ia lebih suka disebut romantis.

5. Tisci terlihat diam dan selalu berada di backstage atau studio karena kesibukannya, namun di rumahnya ia lebih hangat dan ramai, apalagi dengan 8 orang saudara kandung yang dimilikinya.

6. Tisci pernah berperan sebagai editor tamu untuk dua majalah, satu untuk A Magazine tahun 2008 lalu dan untuk Visionaire tentang isu agama yang akan hadir Juni mendatang.

7. Meskipun Tisci besar di Givenchy, ia bukan pilihan pertama untuk dijadikan creative director yang menggeser Alexander Mcqueen dan Julian Mcdonald.  Nama-nama terkenal seperti Zac Posen, Sophia Kokosalaki, Giles Deacon, Richard Chai, Alber Elbaz, dan Roland Mouret pernah diwawancara oleh pihak Givenchy dan LVMH sebelum akhirnya posisi besar itu jatuh ke tangan Tisci.

8. Ternyata Tisci berasal dari sekolah desain yang sama dengan Galliano, yaitu di Central Saint Matrins Academy, London. Saat Galliano satu tim dengan Alexander Mcqueen di Givenchy, Tisci pernah menggantikan posisi Galliano secara singkat pada tahun 1995-1996. Artinya, secara kebetulan Tisci pernah dua kali menggantikan posisi orang yang sama.

9. Tisci adalah seorang yang menganut agama Katolik Roma namun bukan seseorang yang konvensional dan tradisional. Ia sering menggunakan sejarah agamanya sebagai inspirasi dalam karyanya. Tentang Givenchy Fall 2011 ia mengatakan, “Agama adalah bagian besar dari DNA saya dan koleksi ini adalah tentang isme Katolik saya.”

10. Sekali lagi, karena ia adalah seorang Katolik Roma non-tradisional, ia menyukai Iron Maiden dan mendengarkannya sepanjang hari di dalam studio. Wow.

(Berbagai sumber)

SHARE