Saatnya Berguling-Guling!

0
42

.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan anak untuk berguling. Bila bayi lain mulai dapat berguling sekitar umur 7-8 tahun, maka anak yang lahir prematur harus menunggu sedikit lebih lama dari itu untuk dapat melakukannya. Begitu pula dengan anak yang memiliki tubuh kecil dan memiliki keribadian mellow atau terlalu lembut hati, sensitif, maka perkembangan motoriknya pun menjadi lebih lambat.

Biasanya si kecil akan mulai berguling dari depan ke belakang pada usia 4-6 bulan. Bila pada usia ke-12 bulan ia belum menunjukkan gerakan ini, maka Anda harus segera membawanya ke dokter. Tidur beralaskan perut (tengkurap) memicu si kecil untuk cepat berguling. Sayangnya posisi tidur ini bisa mengakibatkan kematian mendadak pada bayi. Lebih baik memposisikannya tidur telentang agar nyawanya tetap selamat, meski ia harus menunggu lebih lama untuk dapat berguling.

Awalnya adalah dengan mulainya sebuah gerakan bergoyang yang lembut, seperti seekor kura-kura yang terbalik. Dia bisa menggerakkan kepala, lengan, dan kakinya, namun tidak mampu membalikkan tubuhnya. Seiring pertambahan kekuatannya, si kecil akan mampu mengangkan kepala dan dadanya. Biasanya ia akan lebih dahulu berguling dari depan ke belakang, sebelum akhirnya berguling dari belakang ke depan. Bila yang terjadi sebaliknya, maka tidak apa. Itu juga tidak salah.

Anda bisa mempercepat proses pembelaharan dengan memberikan gerakan simulasi berguling. Posisikan lengan dan kaki si kecil dengan benar. Selipkan satu lengan dan bahunya di bawah tubuhnya, sedang lengan lain dan kakinya melakukan gerakan mendorong. Setelah itu peragakan dan simulasikan gerakan berguling dengan memandu tubuhnya. Lakukan perlahan dan lembut. Bila anak mulai terlihat tidak nyaman, maka latihan harus segera dihentikan dan lakukan lagi lain waktu.

Bergerak menggunakan perut akan bagus untuk si kecil. Tempatkan mainan kesukaannya di dekatnya agar ia tergoda untuk mengambilnya. Ini juga dapat menjadi salah satu cara melatihnya berguling.

Jangan lengah! Saat anak sudah mulai bisa berguling, ia bisa saja jatuh dari atas tempat tidur akibat berguling tanpa kontrol.

(Berbagai sumber)

SHARE