Sarden: Ikan yang Ramah Bagi Program Diet

0
118

.Mendengar kata sarden, Anda pasti terbayang dengan sepiring penuh nasi hangat dengan siraman sarden dan saus bawang di atasnya. Setelah diteliti, selain mengobati rasa lapar, sarden juga baik untuk program diet lho.

Anda mungkin lebih mengenal ikan sarden dalam bentuk kalengan. Memang, tak banyak yang mengenal ikan sarden dalam wujud lainnya. Sarden sendiri sebenarnya merupakan ikan laut yang mampu bertahan hidup hingga kedalaman lebih dari 1.000 meter. Bentuknya panjang dan langsing, mereka selalu hidup dalam kelompok dan berenang mengikuti pemimpin kelompok.

Sarden adalah jenis ikan yang kaya akan nutrisi dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Seperti dikutip dari whfoods, kandungan nutrisi sarden yaitu:

– Vitamin B12
– Tryptophan
– Selenium
– Vitamin D
– Omega 3
– Protein
– Fosfor
– Kalsium
– Vitamin B3
– dan kandungan kalori yang sangat rendah

Berbeda dengan ikan laut lain yang pada umumnya tinggi kalori, sarden justru aman untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Dengan teknik pengolahan yang cerdas, maka sarden akan mensukseskan proses pelangsingan tubuh Anda.

Ikan langsing ini kaya protein dan omega 3 yang sangat mendukung untuk pembentukan otot. Memberikan asupan makanan yang cukup pada otot, sehingga kalsium di dalam tulang tidak tersedot.

Kabar baik terakhir adalah, kandungan merkuri darden sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi ibu hamil. Mari mulai konsumsi ikan sarden.

(berbagai sumber)

SHARE