Berkelana Ke Batas Langit Togean

0
31

.Pasir pantai yang putih bersih dengan air yang jernih dan koral warna-warni yang sangat asri hanyalah sekelumit dari keindahan Kepulauan Togean, sekitar 375 km dari kota Palu, Sulawesi Tengah.

Berada dalam keterasingan dan keagungan teluk Tomini, kawasan Togean adalah surga dalam bentuk 292 ribu hektar perairan laut dan 70.000 hektar area darat yang indah, murni, dan menjadi lokasi favorit spesies kura-kura hijau, ikan lumba-lumba dan bahkan paus.

Lokasinya yang terpencil memang membutuhkan perjuangan tersendiri untuk mencapai kawasan elok ini. Namun sedikit lelah yang Anda rasakan akan segera terobati begitu Anda menjejakkan kaki dan menikmati suguhan ikan bakar rica-rica atau cumi-cumi goreng sambil ditemani keindahan panorama Togean. Ada banyak jalan menuju Togean. Jalanan darat dari Palu, Poso, Luwuk ataupun Gorontalo akan membawa Anda mencapai daerah Ampana, kemudian Anda dapat melanjutkan dengan menyebrang ke Wakai dengan menumpang perahu yang setiap hari rutin  berangkat jam 10 sampai 11 pagi. Dari ‘base camp’ wisata Wakai, kemudian Anda baru melanjutkan perjalanan menuju 5 pulau sedang dan sekitar 69 pulau-pulau kecil di seluruh Kepulauan Togean yang indah.

Berkelana ke Togean yang berbatasan dengan langit dan diselimuti aroma laut serta keindahan panorama yang begitu memukau akan membawa pengalaman wisata yang menakjubkan dalam hidup Anda. Kunjungilah Pulau Kadidiri yang menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk snorkelling dan memancing, Pulau Malenge yang menyediakan medan jelajah hutan yang menakjubkan, atau Pulau Siatu yang menjadi tempat tinggal suku orang Bajo. Selain itu Anda juga dapat mengunjungi Kundurang yang terkenal berkat lokasi pemancingan ikan laut di tengah laut karang dengan gradasi warna air yang memikat, atau pergi ke Pulau Una-Una yang memiliki pasir pantai berwarna hitam yang terbentuk dari sisa abu dan lava dari letusan gunung Colo di tahun 1983.

Karena sebagian pulau tidak memiliki air tawar, ada baiknya Anda membawa bekal dari pulau terdekat, dan siapkan tisu basah untuk keperluan sanitasi Anda.  Siapkan juga senter atau lilin untuk membantu penerangan di kala malam. Membawa bekal tambahan seperti makanan kering atau makanan kecil adalah sesuatu yang patut Anda pertimbangkan mengingat pulau-pulau di kawasan Togean kebanyakan tidak memiliki toko.

Dan kalau Anda berniat untuk menyewa kapal dan menjelajahi pulau-pulau di Togean, ada baiknya untuk melakukannya secara bersama-sama untuk efisiensi biaya, serta jangan lupa untuk melakukan koordinasi dengan penyedia penginapan sebelum melakukan perjalanan agar Anda tidak mengalami kerepotan dalam mencari penginapan, mengingat keterpencilan Togean bukanlah halangan bagi kedatangan para wisatawan, terutama para turis internasional.

Selamat menikmati Togean…

(Berbagai sumber)

SHARE