Jangan Biarkan Luka Tetap Terbuka

0
98

.Jika selama ini kita terbiasa membiarkan luka terbuka agar cepat mengering dan sembuh, sudah waktunya meninggalkan cara lama ini. Sebab panduan dermatologi terbaru di Eropa mengungkapkan, cara terbaik menyembuhkan luka adalah dengan menutupnya.

Dalam laporannya, panduan tersebut menjelaskan, luka dapat sembuh 40 persen lebih cepat apabila dijaga kebersihan dan kelembabannya. Plus, diolesi salep antibakteri atau dibalut dengan plester, sehingga luka aman dari paparan kotoran luar.

“Menutup luka berarti mempercepat proses penyembuhannya,” jar Diane Madfes, MD., asisten profesor klinis bidang dematologi dari Mt. Sinai School of Medicine.

Tindakan menutup luka juga mendorong sistem imun alami tubuh bekerja menghalangi terjadinya infeksi, membangun kembali sel-sel kulit yang rusak, serta membersihkan sisa luka.

Oleh karena itu, sediakan selalu plester di kotak P3K di mobil maupun rumah, sehingga setiap luka terbuka pada kulit bisa aman dari infeksi dan percepat benang-benang fibrin yang secara alami dikeluarkan tubuh dapat menutup luka dengan sempurna.

(berbagai sumber)

SHARE