Waspada Tsunami Kawasan Indonesia Timur

0
26

.Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengabarkan bahwa tragedi Tsunami yang melanda Jepang hari ini dikhawatirkan akan membawa imbas bagi beberapa daerah di Indonesia bagian timur, terutama kawasan Papua, Maluku Utara dan Sulawesi Utara. Oleh karena itu bagi siapapun yang berada di kawasan pinggiran pantai Irian Utara dan Maluku Utara, sebaiknya segera menjauhkan diri dari pesisir pantai karena ditakutkan skenario terburuk akan terjadi, yaitu kedatangan tsunami di kawasan ibu pertiwi.

Untuk mengetahui perkembangan keadaan, ada baiknya untuk memantau perkembangan berita di televisi dan radio, serta menyiapkan barang-barang prinsipil yang ingin diselamatkan.

Tinggi gelombang yang mungkin akan datang sekitar 50 cm sampai satu meter. Meskipun terdengar tidak mengancam, namun ada baiknya untuk berjaga-jaga dan harus tetap waspada. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Jika tinggal atau berada di pantai
– Kenalilah dengan baik tempat-tempat yang dapat digunakan untuk menyelamatkan diri dari terjangan gelombang tsunami seperti bukit, bangunan tinggi, menara air, pohon dan bangunan tinggi lainnya.
– Kenalilah dengan baik tanda-tanda akan datangnya tsunami. Yaitu sebagai berikut:
* Air laut yang surut secara tiba-tiba.
* Terciumnya bau garam yang menyengat secara tiba-tiba.
* Munculnya buih-buih air sangat banyak di pantai secara tiba-tiba.
* Terdengar suara ledakan keras seperti suara pesawat jet atau pesawat supersonik atau suara ledakan bom runtuh.
* Terlihat gelombang hitam tebal memanjang di garis cakrawala.

2. Jika anda melihat salah satu atau beberapa dari tanda-tanda tersebut, lakukanlah hal berikut:
* Jika anda sedang berada di atas kapal di tengah laut, segera pacu kapal anda kearah laut yang lebih dalam
* Jika anda berada di pantai atau di dekat pantai, segera panjat bangunan atau pohon yang tinggi, yang paling dekat dari tempat anda berada. Ingat waktu kita untuk berlari dari kejaran gelombang tsunami itu hanya kurang dari 20 menit.

(Berbagai sumber)

SHARE