Will Eisner, The Spirit Maker's in Google

0
58

.Tidak banyak yang tahu mengenai Will Eisner, mungkin hanya para komikus dan pemerhati komik yang mengenalnya melalui karya-karya novel grafisnya. Namun lain cerita sekarang. Sang legenda komik Will Eisner diberikan penghargaan hari Minggu lalu (06/03), oleh mesin pencari terbesar di dunia, Google. Di hari lahirnya yang ke-94 tahun tersebut, Eisner dibuatkan Google Doodle untuk penghargaan kepadanya.

Tampak pada gambar, sepasang mata dari karakter ciptaan Eisner, yaitu The Spirit (alias Denny Colt) menggantikan dua huruf O dalam kata Google. Diikuti oleh gedung-gedung yang diambil dari novel grafis nya tentang kota New York.

“Meskipun dia sudah wafat sejak tahun 2005, namun selama enam dekade Eisner memberikan inspirasi dan berpartisipasi di kemajuan dunia komik Amerika.” Teman sesama komikus dan guru dari banyak artis komik, Scott McCloud mengatakan alasan mengapa memberikan penghargaan melalui Google, “Selama karirnya, Eisner selalu bisa melihat ke depan. Saya melihat ketika dia sedang berdebat dengan seorang artis dan editor yang usianya jauh lebih muda darinya, dan sulit melihat siapa sebenarnya yang sudah tua di ruangan itu.”

Salah satu karyanya, The Spirit, dibuatkan film Hollywood pada tahun 2008 yang disutradarai oleh Frank Miller. Eisner juga merupakan pelopor novel grafik dan pendiri The Will Eisner Comic Industry Awards tahun 1987.

Majalah Wizard menjulukinya “artis komik paling berpengaruh sepanjang masa”. Dia juga pernah mendapatkan Penghargaan Sepanjang Masa dari Kebudayaan Yahudi.

Eisner juga mempunyai biografi yang dibuat oleh Bob Andelman dengan judul Will Eisner: A Spirited Life yang ditebitkan tahun 2005. Sedangkan biografi terbarunya yang diterbit tahun 2010 oleh Bloomsbury, Will Eisner: A Dreamer’s Life in Comics dibuat oleh Michael Schumacher.

Beliau wafat tanggal 3 Januari 2005.

(Berbagai sumber)

SHARE