Yuk…Ikutan Kontes Air Guitar

0
28

.Apakah Anda pernah menirukan memainkan gitar dengan sapu? atau ketika sedang mendengarkan musik, Anda menirukan permainan gitar dengan tangan anda? Kenapa tidak disalurkan saja “bakat” tersebut dalam bentuk kontes? Mungkin Anda bingung dan bertanya,”memang ada kontes untuk hal seperti itu?”

Tentu saja ada dan bahkan sudah ada kejuaraan dunianya. Perilaku menirukan permainan gitar itu disebut dengan Air Guitar dan kompetisinya disebut The Annual Air Guitar World Championships. Kompetisi tersebut pertama kali diadakan di awal 1980an di Swedia dan Amerika Serikat. Sejak 1996 kontes Air Guitar World Championships menjadi bagian dari Oulu Music Video Festival di Oulu, Finlandia. Ide awal kontes tersebut awalnya hanya sebagai lelucon untuk atraksi tambahan acara festival tersebut tapi kemudian malah menjadi  daya tarik utama.

Kini jaringan negara yang mengadakan kontes Air Guitar terdiri dari 21 negara, yaitu Finlandia, Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Yunani, Belgia, Norwegia, Inggris, Swiss, Perancis, Jepang, Australia, Jerman, Taiwan, Thailand, Rusia, Rumania, dan Brazil. Wow, bukan kontes sembarangan ternyata. Pesertanya pun dari seluruh dunia yang bersaing menunjukkan kemampuannnya ber-air guitar. Hadiahnya antara lain ada sebuah gitar khusus ‘Flying Finn’ dan VOX BM Special amplifier dari gitaris Queen, Brian May.

Aturan permainan kontes Air Guitar ini antara lain :

  • Setiap peserta memainkan air guitar di panggung selama dua ronde, masing-masing selama 1 menit. Ronde pertama peserta memainkan lagu secara playback yang mereka pilih sendiri, baik sudah diedit atau pun dalam bentuk medley selama 60 detik. Ronde kedua peserta memainkan lagu yang dipilih oleh penyelenggara atau pesaingnya, dimana peserta tidak diberitahu lagunya.
  • Peserta memainkan sendiri di panggung, tidak diperkenankan ada band yang mengiringi.
  • Peserta harus menirukan sedang memainkan air guitar, bisa dalam format lagu akustik atau pun elektrik atau keduanya.
  • Secara umum, tidak ada dress code khusus dan peserta diperkenankan memakai pakaian dan properti yang bisa memberi nilai tambah karakter dan aksinya lebih menarik.
  • Juri terdiri dari tim penilai independen seperti kritikus musik, komedian, atau anggota media.
  • Juri memberikan penilaian dengan sistem 6.0 score, yang meliputi penilaian teknis (keakuratan chord, permainan solo, dan gerakan), penampilan panggung (karisma, tidak demam panggung, dan kemampuan menghibur penonton), serta Airness atau kemampuan peserta tampil dengan sebaik mungkin dalam mempraktekkan air guitar secara keseluruhan.

Acara dengan ideologi yang berbunyi “wars would end and all the bad things would go away if everyone just played air guitar” ini, tahun 2010 dimenangkan oleh Sylvain “Gunther Love” Quimene dari Prancis setelah tahun sebelumnya juga menjadi pemenangnya.  

(berbagai sumber)

SHARE