"Menangkap" Kanker Lebih Dini

0
37

.Semakin cepat ditemukan, sel kanker dapat dikalahkan. Itu mengapa salah satu cara untuk memperkecil risiko terkena penyakit ini adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dan deteksi dini.

Selama ini, deteksi kanker dengan menggunakan tumor marker yang hanya bisa dilakukan spesifik pada satu jenis kanker. Berkat perkembangan terbaru dari teknologi screening kanker, saat ini telah tersedia Biomarker C12 Protein Chip yang dapat mendeteksi beberapa jenis tumor. Dengan sistem pemeriksaan pararel, sensitifitas dari screening ini lebih tinggi, sehingga bisa dikombinasikan untuk mendeteksi 12 jenis kanker sekaligus.

Screening sama halnya dengan medical check-up yang biasa dilakukan 1 tahun sekali. Jadi metode ini dilakukan pada orang tanpa gejala atau sehat untuk menemukan segala kemungkinan terjadinya penyakit dalam tubuh, termasuk kanker.

Selain bisa mendeteksi 12 jenis kanker, screening ini juga hanya membutuhkan 2 cc darah sedangkan pada pemeriksaan konvensional dibutuhkan 10 cc darah untuk satu pemeriksaan jenis tumor.

Dan yang harus menjadi perhatian, apabila hasil pemeriksaan menunjukkan negatif untuk 12 jenis kanker, bukan berarti kita bebas kanker. Biomarker ini hanyalah screening yang tujuannya membantu deteksi kanker lebih cepat pada orang sehat. Sedangkan ketika hasilnya menunjukkan indikasi positif, maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan yang berhubungan dengan indikasi positif tersebut.

Karena diagnosis kanker tidak bisa hanya dari satu marker, masih perlu dilakukan pemeriksaan patologi jaringan dan melihat apakah sudah terjadi penyebaran atau tidak.

Meskipun teknologinya sudah terbilang maju, biomarker ini biayanya lebih efisien. Untuk pemeriksaan 12 macam penanda tumor tunggal, biayanya sekitar Rp 1,5 juta.

Dan untuk melengkapi usaha kita terhindar dari penyakit kanker, sebaiknya tetap menjaga gaya hidup sehat. Karena pada orang dewasa, penyebab terbesar kanker adalah gaya hidup dan lingkungan yang tercemar.

(berbagai sumber)

SHARE