Petunjuk Dasar Minum dari Botol Susu

0
27

.Pastikan botol susu yang digunakan si kecil bersih dari kuman dan bakteri. Saat botol dan ujung karet botol menyentuh mulut anak, maka Anda hanya memiliki waktu dua jam untuk menghabiskan atau membuang seluruh isi botol untuk menghindari pertumbuhan bakteri-bakteri tersebut. Susu formula yang sudah siap saji dalam botol tidak boleh ditinggalkan dan disimpan dalam ruangan bertemperatur lebih dari satu jam.

Sterilisasi botol susu tersebut dengan memasaknya selama minimal lima menit dan keringkan. Botol baru hendaknya disterilisasi hingga beberaoa minggu atau bulan pertama pemakaian. Namun akan lebih baik bila botol selalu kembali disterilisasi tiap akan digunakan. Hal ini bisa dilakukan dengan alat elektrik, microwave, ataupun cara tradisional. Alat elektronik mudah digunakan. Tambahkan air di dalamnya dan colokkan kabel. Panas akan berhenti dengan sendirinya bila proses sterilisasi telah selesai dilakukan (biasanya kurang dari 10 menit). Botol akan tetap steril selama dalam keadaan tertutup. Microwave pun sama mudahnya. Hanya dalam waktu kurang dari delapan menit, botol sudah akan bersih dari kuman ataupun bakteri. Tambahkan air ke dalamnya, masukkan dalam microwave, pasang timer, dan Anda tinggal menunggu proses selesai dilakukan. Untuk Anda yang memilih cara tradisional, tempatkan botol dan ujung karet botol dalam sebuah panci berisi air. Rebus dan masaklah.

Selain memasak botol, Anda juga harus membersihkan sisa susu yang mengendap di dasar botol dan di dalam karet ujung botol. Sikatlah bagian tersebut untuk mengangkat endapan-endapan itu. Rendam sikat dalam air panas dan keringkan untuk menghindari munculnya dan pertumbuhan jamur di bulu sikat.

Selain dimasak, botol susu juga bisa dipanaskan. Pemanas khusus botol susu dapat melakukannya secara otomatis selama kurang lebih lima menit hingga air menguap, sedang ASI yang didinginkan atau dibekukan dapat dihangatkan dalam waktu 10 menit. Cara terbaik untuk menghangatkan botol adalah dengan menempatkan botol susu di dalam panci besar berisi air panas mendidih selama beberapa menit. Ukuran panas orang dewasa dan mulut atau tenggorokan bayi yang sensitif akan sangat berbeda. Setelah botol susu dipanaskan, kocok botol untuk mendistribusikan panas hingga merata ke seluruh cairan susu di dalam botol. Tunggu hingga panas sedikit berkurang.

Bayi yang baru lahir biasanya minum dalam jumlah sedikit, 2-3 ons sekali minum atau susu sebanyak botol berukuran 4 ons. Setelah selesai minum susu, posisikan si kecil dalam keadaan duduk selama 15-30 menit dan bantu dia untuk sendawa. Duduk akan membantu kelancaran pencernannya dan mengurangi tekanan pada perutnya yang sedang dalam keadaan kenyang serta penuh.

Yuk, siapkan botol susu buah hati kita!

(Berbagai sumber)

SHARE