Bajaj Pulsar 220: Motor Sport Murah Pesaing Tiger dan Scorpio

0
64

.JAKARTA – Prediksi beberapa petinggi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) akan berkembangnya segmen motor sport di Tanah Air rasanya sedikit demi sedikit mulai terlihat.

Sejumlah produsen roda dua di dalam negeri makin agresif menawarkan produk-produk dengan tipe motor sport. Bukan cuma pemain Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki, tapi juga pabrikan non Jepang.

Contohnya saja yang baru dilakukan PT Bajaj Auto Indonesia (BAI). Pemegang merek sepeda motor Bajaj itu telah resmi merilis Pulsar 220. Kehadiran Pulsar 220 memang seakan sudah dianti-nantikan para pecinta motor asal India itu. Pulsar 220 sudah menjadi buah bibir dikalangan bikers Bajaj bahkan sejak isu kehadirannya di Indonesia dua tahun silam.

Dan pada 8 Maret 2011, BAI sontak membuat kejutan dengan Pulsar 220. Bagaimana tidak, motor sport 220cc ini cuma dibanderol Rp18,6 juta on the road Jakarta.

Di kelas ini, muncul nama-nama legendaris motor sport seperti Honda Tiger maupun Yamaha Scorpio. Secara kapasitas silinder mesin, Pulsar 220 hadir diatas Tiger yang memiliki kapasitas 196,9cc. Tapi Pulsar 220 masih dibawah Scorpio yang mengusung jeroan 223cc

Tapi soal harga, Pulsar 220 jelas jauh dibawah Scorpio yang dibanderol Rp23,8. Bahkan Pulsar 220 juga masih jauh dibawah Tiger yang ditawarkan Honda dengan harga Rp24,9 juta.

Keinginan BAI untuk menghadirkan motor-motor sport dengan harga terjangkau memang sudah terlihat sejak kehadiran Pulsar 135 pada Juni 2010 lalu. Saat itu sport 135cc tersebut dibanderol Rp14,25 juta. Sebuah harga yang lazimnya ditawarkan untuk motor tipe bebek asal Jepang.

Lantas apakah Pulsar 220 memiliki keunggulan lain diluar harganya yang lebih bersahabat? Yuk coba kita intip sedikit jeroan Pulsar 220.

Pulsar 220 dilengkapi dengan karburator Venturi 32, intake port pada kepala silinder yang dimodifikasi serta durasi dan sudut bukaan cam dibuat lebih tinggi. Untuk meningkatkan performa, Pulsar 220 juga menggunakan resonator yang lebih besar dan catalytic converter.

Performa mesin yang lebih tinggi itu juga dicapai dengan memodifikasi rasio gear kelima. “Lewat tenaga hingga 21.04 PS, Pulsar 220 merupakan paket yang sangat menantang bagi bikers yang suka dengan motor-motor berperforma tinggi,” ucap Vice President Director BAI Dinesh Kulkarni.

BAI mengklaim Pulsar 220 merupakan sepeda motor yang memiliki performa paling tinggi di kelasnya dengan tenaga 21.04 PS dan dapat mencapai kecepatan maksimal 144 km/jam dengan sistem DTSi (Digital Twin Spark Ignition) empat langkah miliknya.

Untuk beberapa piranti penunjang lain, Bajaj juga seakan tak mau kalah dengan pabrikan motor sport Jepang. Karenanya Pulsar 220 dilengkapi juga dengan headlamp proyektor dengan model mata serigala, rem cakram pada roda depan dan belakang, ban tubeless bertapak lebar, garpu depan yang lebih tebal, clip-on handle-bar, tempat duduk split, engine oil coller, speedometer digital, serta lampu belakang bergaya sporti.

Selain itu, mesin motor ini menggunakan temperature based ignition mapping yang membuat waktu pembakaran dioptimalkan untuk pembakaran mesin pada saat distart semakin baik, pemanasannya semakin cepat dan torsinya maksimal.

Mampukah Bajaj Pulsar 220 mencuri hati pecinta motor sport? Semua memang belum terbukti. Tapi setidaknya dengan banderol yang lebih murah dibanding Honda Tiger maupun Yamaha Scorpio, konsumen punya pilihan lain untuk motor sport diatas 200 cc.

(Ghiboo)

SHARE