Belajar Banyak Hal Saat Mandi

0
45

.Mandi harus dimanfaatkan menjadi kegiatan yang menghibur sekaligus mendidik bagi si kecil. Banyak manfaat yang bisa didapatkan si buah hati dengan berendam dalam bathtub pada saat mandi.

Anak bisa belajar mengenal warna, mengembangkan kemampuan verbalnya dalam berbicara, mengetahui anatomi tubuh manusia dalam tingkat sederhana, dan masih banyak lagi. Bermain, berimajinasi, dan memperkenalkan hal baru. Itulah caranya. Ikatan yang terjadi antara orangtua dan anak akan terbentuk secara alami saat Anda memandikannya. Ini membantu Anda untuk lebih mudah memberikannya banyak pelajaran baru. Mulailah dengan menyediakan banyak mainan kesukaannya untuk menemaninya mandi.

Anak perempuan pasti akan senang bermain dengan bonekanya. Ia akan berimajinasi dan berperan menjadi ibu bagi anaknya, sang boneka. Berkomunikasi dengan boneka tersebut akan membantunya memperlancar dan memperjelas artikulasi saat berbicara. Begitu pula dengan anak laki-laki yang lebih suka bermain dengan boneka superhero-nya. Ketika dia menirukan suara superhero, ia akan melatih cara berbicara menjadi lebih lancar.

Bermain dan belajar. Untuk itu Anda bisa bernyanyi untuknya saat anak mandi. Ia tentu akan sangat senang dan nyaman dengan hal ini. Aktifitas lain yang baik untuk kreatifitasnya adalah acara melipat kertas menjadi perahu atau bentuk lain yang nantinya akan diapungkan di atas air.

Anak akan lebih mudah dan banyak menyerap ‘pengetahuan’ dengan cara bermain dibanding hanya dengan diberitahu. Contoh, bila Anda tiba-tiba mengatakan ‘biru’, si kecil tidak akan mengerti apa artinya. Berbeda halnya jika Anda menunjuk botol shampo yang berwarna biru dan mengatakan, “Biru,” anak akan langsung menangkap maksud ucapan Anda. Anak butuh dibawa ke dalam suatu konteks. Bermain menyediakan banyak konteks untuk dipelajari.

Tidak perlu takut untuk menunjukkan boneka-boneka berbentuk binatang dengan berbagai warna. Gajah merah, sapi hijau, bebek ungu, dan masih banyak lagi. Seorang balita hanya akan mampu untuk fokus terhadap satu hal dan itu berarti memperhatikan warna atau bentuk mainan tersebut. Tenang saja, ia tidak akan bingung hanya karena Anda menunjukkan dan mencontohkannya beragam binatang dengan warna tubuh mereka yang tidak sesuai dengan kenyataan. Si kecil belum akan bisa memahami dua konsep dalam waktu yang bersamaan.

Ajarkan juga padanya untuk mengenal nama-nama bagian tubuhnya. Saat Anda menyentuh tangannya untuk membasuhkan sabun, maka sebutkan kata ‘tangan’. Begitu pula ketika Anda membasahi rambutnya. Ucapkan ‘rambut’. Ia akan mengulangi kata tersebut dengan antusias. Orangtua mana yang tidak terhibur dan bahagia melihat mata berkilau anak saat dia bersemangat mengucapkan apa yang ada dalam pikirannya?

Saat si kecil berimajinasi, masukkan subyek-subyek nyata ke dalam imajinasinya tersebut dengan sentuhan dan gerakan nyata. Ini akan menjadi koneksi yang bagus untuk otak balita. Minta dia bergerak di dalam air dan memercikkan air.

Meskipun menyenangkan, jangan lupa dan jangan terlalu lama mengangkat si kecil dari bathtub dan menyudahi acara mandi. Dingin!

(Berbagai sumber)

SHARE