Joging Tak Ampuh Turunkan Berat Badan?

0
35

.Anda sering melakukan joging demi menurunkan berat badan? Tampaknya Anda harus mencari jenis olahraga lain, karena joging ternyata tidak efektif untuk menurunkan berat badan.

“Banyak orang joging untuk menurunkan berat badan tetapi itu tak akan berhasil. Karena, lemak adalah sumber energi tubuh. Semakin sering berlari, maka tubuh akan sering memproduksi lemak untuk persiapan,” kata Greg Brookes, pelatih olahraga asal London, Inggris, seperti dikutip dari Times of India.

Joging menurut Brookes, malah membuat tubuh semakin banyak memproduksi lemak. Tubuh memang seperti mesin yang bisa beradaptasi pada kondisi apa pun.

“Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk joging, semakin baik Anda dalam berlari dan lebih efisien tetapi lebih sedikit energi yang digunakan dan lebih sedikit kalori yang terbakar,” ungkap Brookes.

Ia juga mengungkap kalau joging atau lari bisa berdampak buruk pada otot. Saat joging, dua setengah kali bobot tubuh dibebankan pada otot, hal itu terjadi berkali-kali dan bisa melemahkan otot. Biasanya akan terasa langsung pada pergelangan kaki atau lutut.

Untuk memilih olahraga yang tepat demi menurunkan berat badan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dan pelatih olahraga. Karena dua hal yang paling penting dalam keberhasilan menurunkan bobot tubuh adalah asupan gizi yang seimbang dan olahraga teratur.

(berbagai sumber)

SHARE