Kenapa Makan Menjadi Pelarian Saat Stres?

0
30

.Banyak orang yang melarikan diri dari masalah ketika sedang stres atau saat berada di bawah tekanan dengan makananan. Dan sering kali mereka mendapat kenyamanan ketika melampiaskan tekanan mental tersebut dengan makan berlebihan.
 
Akhirnya program diet yang sedang dijalankan gagal, hanya karena terbuai dengan rasa nyaman yang bersifat sementara itu. Kenapa sih saat stres kita menjadikan makan sebagai pelarian?
 
Dalam talkshow Mindful Eating yang berlangsung Sabtu, 12 Maret 2011 di Pacific Place, Reza Gunawan, praktisi kesehatan holistik, mengatakan hal itu bisa terjadi akibat kenangan pada masa kecil yang terbawa.

“Anda pasti pernah melihat, orangtua yang mendengar anaknya menangis lalu bingung bagaimana membuat anaknya diam? Secara otomatis, orangtua akan memberikan makanan atau susu agar anaknya berhenti menangis. Dalam pikiran anak itu, akhirnya  terpatri bahwa untuk menghilangkan rasa sedih atau hal yang tidak enak dengan cara makan,” jelasnya.

Akhirnya, perlahan-lahan, diterapkan hingga dewasa bahwa saat merasa sakit atau sedih, atau ada hal yang mengganggu jiwa maka menghilangkannya adalah dengan makan.
 
Reza menilai, saat ini sudah banyak orang yang tidak lagi memperhatikan makanan yang akan mereka makan. Akibatnya aktivitas makan hanyalah sebuah kegiatan mengisi waktu luang, sebagai pelarian, atau pengisi kebosanan.

“Saat aktivitas makan dijadikan pelarian, perut yang sebenarnya masih kenyang, dipaksa untuk menerima asupan makanan. Dan semua kalori yang termakan itu tersimpan dalam bentuk lemak yang tak diperlukan oleh tubuh, sehingga mengakibatkan diet yang sering gagal,” tambahnya.
 
Menurutnya, kini banyak orang stres yang diakibatkan pikirannya sendiri. Orang sering dibayangi masa lalu dan takut untuk menghadapi masa depan. Padahal, menurut Reza, 80 persen dari ketakutan kita belum tentu terjadi. “Kita terlalu banyak berpikir dan tidak bisa menikmati masa kini,” ucap suami dari Dewi Lestari ini.  
 
Reza menyarankan, agar kita lebih menikmati apa yang ada dan menyadari apa yang terjadi sekarang, salah satunya dengan cara melatih Mindful Eating untuk mengatasi masalah emotional eating ketika sedang stres.

Mindful eating mengajarkan kita untuk menikmati makanan dengan penuh perasaan, sehingga dapat menghindari makan berlebihan.

Jadi kini cobalah merasakan setiap suapan yang masuk ke dalam mulut anda..dan nikmati dengan tenang. Semoga berhasil!
 
(Ghiboo)

SHARE