Keponakan Angkat, Keponakanku Juga

0
67

.Tidak semua orang beruntung dapat memiliki anak, darah dagingnya sendiri. Beberapa orang hanya bisa cukup puas dengan mengadopsi seorang anak sejak masih bayi. Bila kakak atau adik Anda mengangkat anak seperti ini, maka Anda juga harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan anak tersebut.

Meski anak tersebut tidak memiliki darah yang sama dengan keluarga Anda, bukan berarti Anda boleh menatap dia dengan ‘sebelah mata’ saja. Mungkin akan ada karakter-karakter dari anak itu yang membuat Anda kesal, karena berbeda dengan karakter dan tipikal anak-anak di keluarga besar Anda. Namun, berbeda bukan berarti buruk.

Posisikan diri Anda sebagai om atau tante yang benar menyayanginya setulus hati, sama seperti Anda mengasihi keponakan-keponakan Anda lainnya. Belikan dia kado ulangtahun yang sama berkualitasnya seperti ketika Anda memberikan hadiah pada keponakan lain yang berulangtahun.

Bila dia sedang nakal, tidak perlu bermulut jahat dengan kerabat Anda yang lain dengan mengatakan, “Wajarlah. Dia, kan, cuma anak angkat. Bapak ibunya tidak jelas.” Jaga mulut Anda. Jangan sampai kenyataan tersebut meluas ke telinga orang lain. Biarkan si anak mengetahui jati dirinya yang sebenarnya dari orangtua angkatnya sendiri, yakni saudara Anda.

Anda pun harus bisa mendidik anak Anda untuk bisa menghormati dan menghargai anak ini. Tidak ada yang berbeda dari seorang anak hingga Anda berhak merendahkannya. Katakan pada buah hati untuk bisa membagi kebahagiaan dan keberuntungan yang dimilikinya sejak lahir dengan saudara angkatnya tersebut. Ingat, Anda tetap harus merahasiakan identitas keponakan Anda tersebut dari anak Anda, bila buah hati masih terlalu kecil. Bila anak sudah lebih besar, Anda bisa mendidiknya untuk berperan menjadi kakak yang baik untuk sepupunya tersebut.

Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi seorang anak untuk tumbuh di lingkungan keluarga besar yang menyayanginya. Berikan hal itu kepada keponakan angkat Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE