Malam Amal JFCC Charity Jam

0
43

.Dalam rangka pengumpulan dana untuk pembimbingan wartawan lokal di Indonesia, Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) mengadakan JFCC Charity Jam. Acara untuk amal ini diadakan di Hotel Akmani Jakarta Pusat pada Sabtu (12/3) malam, dengan menghadirkan Sajama Cut, Efek Rumah Kaca dan Koil. Ketiganya dipilih, seperti yang dijelaskan oleh Presiden JFCC, Jason Tedjasukmana, adalah untuk mengenalkan musik mereka kepada orang-orang dari luar negeri, selain karena musiknya memang bagus.

Acara dibuka dengan penampilan Sajama Cut. Membuka dengan lagu berjudul “Fin”, audiens yang kebanyakan dihadiri oleh orang asing menyambut dengan antusias. Sempat mengalami sedikit masalah teknis, tapi overall penampilan Sajama Cut sangat menghibur. Lagu “Alibi” mengakhiri penampilan mereka dengan total membawakan sekitar 7 lagu.

Efek Rumah Kaca kemudian mengambil alih panggung. Tampil bertiga, dengan Hans menjadi additional player menggantikan Adrian yang tengah sakit, ERK pun membius audiens. “Balerina”, “Jalang”, “Hujan Jangan Marah”, serta “Mosi Tidak Percaya” adalah beberapa lagu yang dihantarkan. Meski lagu-lagunya berbahasa Indonesia, sepertinya audiens bule tetap bisa menikmati musik mereka.

Penampilan terakhir diserahkan kepada KOIL. Band asal Bandung yang baru-baru ini mengadakan konser tunggal, menggetarkan dengan musik “kencang”nya. Tak ketinggalan celetukan-celetukan jenaka dari Otong menghiasi penampilan Koil. Meski pun tengah mengalami radang tenggorokan, tetap tak menghalangi Otong untuk menyanyi. Dan sepertinya Koil adalah aksi yang paling ditunggu malam itu. Terlihat dari lebih padatnya area depan panggung dibandingkan dengan dua band sebelumnya.

Jakarta Foreign Correspondents Club sendiri merupakan sebuah organisasi jurnalis internasionl non-profit yang kini terdiri dari 400-an anggota wartawan dan non-wartawan. Anggota non-wartawan tersebut meliputi diplomat, konsultan, pengusaha, dan humas. Misi utamanya adalah untuk memberikan wadah bagi komunitas wartawan asing yang bekerja di Indonesia serta memberikan beasiswa setiap tahun kepada wartawan lokal untuk membantu meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat laporan berita. JFFF Charity Jam sendiri merupakan salah satu kegiatan penggalangan dana untuk JFCC Memorial Fund. Selain itu kegiatan rutin JFCC adalah diskusi panel yang melibatkan orang-orang penting seperti menteri mau pun para pembuat kebijakan.

(Ghiboo)

SHARE