Tumbuhkan Budaya Mencuci Tangan

0
39

.Anak sangat sulit diajak bersih-bersih badan. Bahkan hanya untuk mencuci tangannya sendiri pun Anda harus menyuruhnya berulang kali. Meski melelahkan, hal ini harus selalu Anda terapkan dan biasakan padanya sebelum makan, setelah batuk, bersin, dan setelah buang air kecil atau buang air besar. Mencuci tangan akan membunuh kuman dan bakteri di yang mengancam kesehatan anak.

Bila ia selalu menolak, mungkin karena sang buah hati belum mengerti tujuannya membasahi dan menggosok-gosok tangannya menggunakan sabun. Jelaskan padanya, bahwa tangannya mengandung banyak kuman dari banyak benda yang ia sentuh selama seharian. Meski terlihat sepele, mencuci tangan dapat menyelamatkan nyawa jutaan orang dari infeksi dan beberapa penyakit berani lainnya. Mungkin dengan mengetahui manfaat dari ‘bersih diri’, ia akan mencuci tangan dari kesadarannya sendiri.

Berikan dan belikan dia sabun kesukaannya. Bebaskan dirinya memilih sabun dengan aroma favoritnya. Beberapa anak menyukai sabun cair dan berbusa. Kesukaannya bermain busa akan membuatnya ketagihan mencuci tangan ditambah dengan aromanya yang harum. Tangan bersih, segar, dan harum!

Lakukan ritual tersebut dengan menyebutnya ‘happy washdary’. Selama 15-20 detik, awasi si kecil mencuci tangannya dan ajak dia menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’. Lagu ceria ini cukup Anda ganti dengan kata ‘happy washday’. Nyanyikan happy washday to you… Si kecil akan menganggap mencuci tangan sebagai sebuah peryaan kecil yang membahagiakan, bukan membosankan.

Ajarkan cara mencuci tangan dengan benar. Bukan hanya menyiramkan air pada telapak tangan. Tidak juga hanya cukuop dengan menggosok ujung jari dan telapak tangan. Namun anak harus mencuci daerah di antara jari-jari, di sekitar dan di dalam cincin yang dipakainya, di sekitar dan di bawah kuku, hingga di sekitar pergelangan tangan.

Selanjutnya, siapkan sebuah handuk putih kering di sebelahnya. Handuk ini berfungsi sebagai alat detektor kebersihan. Bila pada saat mengeringkan tangan, handuk menjadi kusam, maka si kecil belum bersih mencuci tangannya. Minta dia mencuci lagi tangannya hingga benar-bersih dan tidak menimbulkan noda kotoran di handuk putih tersebut.

Biasakan untuk selalu melakukan bersih-bersih diri di manapun Anda dan si kecil berada. Tidak perduli apakah di sekitarnya terdapat keran dan air yang mengalir atau tidak. Anda tetap dapat membersihkan tangan anak dengan memintanya membersihkan telapak tangannya menggunakan cairan pembersih praktis dan instan yang bisa langsung kering dan tidak lengket hanya dalam beberapa detik.

Tangan bersih, makanan pun dapat dilahap tanpa khawatir terkena penyakit dari kuman yang menempel di tangan.

(Berbagai sumber)

SHARE