Cara Aman Memakai Tetes Mata

0
37

.Jangan sembarangan menggunakan obat tetes mata. Karena Penggunaan obat tetes yang tidak tepat dapat membuat mata perih dan tidak nyaman. Menurut James Salz, MD., profesor ophtalomogi di University of Southern California, kesalahan meneteskan obat mata terjadi karena kita terlalu takut dan gugup saat akan melakukannya.

Untuk menghindari hal itu terjadi, Salz pun memberikan tips kepada kita berikut ini:

1. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih, sebelum meneteskan obat mata.

2. Jaga agar botol obat tak menyenggol bulu mata atau pun kelopak mata. Jika mata kita infeksi, bakteri bisa berpindah ke botol, membuatnya tercemar, sehingga tak dapat digunakan lagi.

3. Agar mata tak berkedip sebelum ditetesi obat, arahkan pandangan ke arah paling atas. Lalu pejamkan mata selama 30-60 detik setelah obat jatuh mengenai bola mata.

Obat tetes mata merupakan cairan yang steril (bebas dari bakteri), karena itu sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Jangan menyentuh ujung penetes dengan benda apapun. Selain itu obat tetes mata sebaiknya tidak digunakan untuk bersama-sama. Jika menggunakan obat tetes mata lebih dari satu, maka setelah menggunakan obat yang pertama sebaiknya ditunggu sampai 2 menit, baru kemudian menggunakan obat yang selanjutnya.

Hal lain yang diperhatikan adalah menjauhkan obat dari jangkauan anak-anak. Botol obat sebaiknya dibuang setelah waktu yang direkomendasikan, jadi untuk lebih memudahkan sebaiknya dicatat kapan waktu pertama kali obat digunakan. Pemakaian lensa kontak sebaiknya dihindari pada saat penggunaan tetes mata, karena obat dan pengawet yang ada dalam obat akan dapat terakumulasi dalam lensa kontak.

(berbagai sumber)

SHARE