Jangan Palingkan Muka Saat Disuntik!

0
37

.Bagi sebagian orang, jarum suntik seolah hal yang sebisa mungkin dihindari. Jika terpaksa, mereka pun cenderung reflek membuang muka agar tak melihat proses masuknya jarum ke pembuluh darah. Padahal menurut penelitian, melihat proses penyuntikan justru mengurangi rasa sakit.

Kesimpulan itu berdasar percobaan tim dari University College London (UCL) dan University of Milan-Bicocca, untuk mengetahui respons otak ketika menerima sinyal rasa sakit.

Percobaan dilakukan dengan menerapkan panas ke tangan 18 relawan. Partisipan mampu menahan suhu lebih tinggi ketika melihat tangan mereka di cermin, dibandingkan ketika tangannya tertutup balok kayu.

Melalui sebuah cermin cembung, mereka menyaksikan proses ketika tangan diberikan sentuhan panas. Menyaksikan proses itu membuat mereka bisa mengurangi level rasa sakit hingga tiga derajat celcius, dibandingkan ketika mereka tidak melihat prosesnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Psychological Science dan memberikan pandangan baru tentang bagaimana otak memproses sinyal rasa sakit.

“Hal yang menarik adalah hubungan antara pengalaman rasa sakit dan representasi otak pada tubuh,” kata Profesor Patrick Haggard, dari UCL, seperti dikutip dari Daily Mail.

Penelitian menunjukkan adanya interaksi yang menarik antara jaringan visual otak dan jaringan rasa sakit otak.

Meskipun penelitian ini untuk melihat rasa sakit yang tak terlalu parah, tetapi bisa membantu para ilmuwan untuk mengembangkan pengobatan baru bagi pasien yang mengalami rasa sakit kronis.

(berbagai sumber)

SHARE