Teh Kembang Sepatu, Minuman Menyegarkan Kala Cuaca Terik

0
38

.JAKARTA – Teh bagi sebagian masyarakat Asia termasuk Indonesia sudah menjadi minuman yang tak asing lagi. Teh kadang disajikan di pagi hari sebagai minuman pengantar seseorang sebelum beraktifitas.

Namun jika bosan dengan sajian teh seperti biasanya, mungkin teh dari kembang sepatu bisa Anda coba. Di berbagai negara teh kembang sepatu punya banyak nama. Di Arab Saudi teh ini dinamakan Roselle, di Mesir berubah jadi Karkade, dan di Amerika Selatan punya nama Flor De Jamaica.

Memiliki warna merah tua jika terendam air, teh kembang sepatu bisa disajikan baik hangat atau dingin. Jika ingin disajikan hangat, ambil satu sendok teh kembang sepatu yang telah kering lalu rendam dalam air mendidih selama lima menit. Kemudian tuangkan teh ke dalam cangkir. Jika ingin menambahkan rasa manis, bisa tuangkan pula dua sendok teh gula pasir.

Foodlovers.co.nz menyebutkan, teh kembang sepatu tak kalah nikmatnya jika disajikan dingin. Caranya tetap sama, tuangkan satu sendok teh kembang sepatu kering ke dalam air mendidih selama lima menit. Kemudian tuangkan ke cangkir, tambahkan irisan jahe segar, tambahkan sedikit jus lemon, lalu simpan di lemari es. Jika masih kurang dingin bisa tambahkan beberapa potongan es batu kecil, maka teh kembang sepatu siap dinikmati.

Teh kembang sepatu ternyata merupakan minuman yang sangat menyegarkan kala cuaca dalam kondisi panas. Minuman ini juga pas sebagai pelengkap pesta barbekyu.

(berbagai sumber)

SHARE